F 4 Jenis Makanan yang Bantu ‘Bersihkan’ Paru-paru PerokokBantenNet.com

4 Jenis Makanan yang Bantu ‘Bersihkan’ Paru-paru Perokok

Nov 1, 2017, Wednesday, November 01, 2017


BantenNet.com-Sebuahpenelitian terhadapparu-paruperokok mengungkapkan,orang yang menghabiskan satu bungkus rokok setiap hari berisiko mengalami kanker paru-paru. 

"20 kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok, di mana sebagian besar kasus kanker paru-paru baru muncul ketika perokok telah mencapai usia di atas 40 tahun.

Selain kanker, perokok juga berisiko mengalami infeksi paru-paru yang ditandai dengan gejala batuk menahun dan sering bercampur darah. Pada umumnya perokok mengabaikan gejala ini sampai akhirnya struktur paru-paru jadi rusak sehingga tidak dapat berfungsi normal, dan akhirnya akan menimbulkan komplikasi pada jantung.

Salah satu solusi paling tepat tentu saja dengan berhenti merokok. Sayangnya, sebagian besar orang sulit melakukan hal ini.

Adakah alternatif lain?

Dikutip dari Wartakesehatan, berikut adalah empat jenis makanan yang dapat membantu ‘membersihkan’ paru-paru dari racun dan zat kimia berbahaya akibat rokok:

1. Jahe
Jahe memiliki sifat antiseptik dan antibakteri dan juga membantu saluran bronkial untuk menghilangkan zat-zat berbahaya dari paru-paru. Manfaat yang umumnya langsung terasa oleh perokok setelah mengonsumsi jahe adalah pernapasan menjadi lega atau plong. Cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dengan mengunyah sepotong jahe segar untuk membuka saluran pernapasan yang tersumbat.

2. Jeruk Bali
Buah ini memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan, terutama untuk melawan kanker paru-paru. Jeruk Bali sangat kaya dengan antioksidan yang dapat membantu tubuh mencegah sel kanker tumbuh tak terkendali.

Menurut seorang peneliti bernama Dr.Corrine Hanson, jeruk Bali juga kaya vitamin C yang menyebabkan buah ini memiliki kemampuan menghambat kerja enzim, sehingga dapat mengaktifkan sel kanker paru-paru.

3. Selenium
Selenium adalah mineral yang merangsang enzim dan bersama-sama dengan vitamin E membantu dalam memperkuat membran paru-paru.

Hasil penelitian menyebutkan, kadar selenium dalam tubuh berbanding terbalik dengan jumlah sel kanker. Artinya jika selenium banyak maka sel kanker akan menurun atau bahkan hilang, begitu pula sebaliknya.

Mineral Selenium banyak ditemukan dalam semangka, jamur, tiram, bayam dan ubi jalar.

Jika Anda seorang perokok, wajib mengonsumsi makanan-makanan tersebut untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membersihkan paru-paru dari racun.

4. Bawang putih
Sebuah penelitian yang dilakukan di Jiangsu Provincial Centre for Disease Control and Prevention, Tiongkok, mengungkapkan bahwa rajin mengonsumsi bawang putih minimal dua kali seminggu dapat menurunkan akan menurunkan risiko kanker paru hingga 44 persen.

Bawang putih diketahui mengandung antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh, dan mengandung senyawa allicin yang berfungsi untuk menghilangkan inflamasi dalam tubuh. 


>Selamat mencoba

>red

TerPopuler