F Di Sinyalir kawasan Industri Beralih Menjadi TPS" Ini kata LSM GEMPPAR "BantenNet.com

Di Sinyalir kawasan Industri Beralih Menjadi TPS" Ini kata LSM GEMPPAR "

Oct 28, 2017, Saturday, October 28, 2017

BantenNet.com, Kabupaten Tangerang, - Pertambahan penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat menimbulkan bertambahnya volume, jenis, dan karakteristik sampah yang semakin beragam.

Pengelolaan sampah selama ini belum sesuai dengan metode dan teknik pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan, seperti yang terjadi di kawasan industri Pasar Kemis di bawa naungan PT. PDP Tumpukan sampah yang tidak jelas asal usulnya menumpuk dan sempat terjadi kebakaran belum lama ini hal ini di ungkapkan Jaro Jopak dari kejaroan 3 kepada Media PotretBanten.com Selasa ( 25/10) di lokasi pembuangan sampah.

Lanjut Jaro   samapah sampah itu saya kurang mengetahui asal usulnya dari mana meski hampir setiap hari saya dan belum sempat saya pertanyakan lebih jauh dari mana mereka mengambil samaph dan di buang kesini.

" Jenis jenis sampah yang di bawa kesini seperti berasal dari pasar,"ujarnya.
Sementara itu Ibu Warsiti ketua RT.03 saat di hubungi via tlp menyampaikan " kami akan menindak lanjuti terkait dengan adanya pembuangan samapah, atas dasar apa mereka membuang samapah di wilayah kawasan Industri pasar Kemis "



" Saya selaku ketua RT 03 masih melakukan pengembangan untuk lebih mengetahui di duga adanya  peralihan pungsi kawasan industri menjadi TPS ( Tempat Pembuangan Sampah Sementara) saya akan bertanya kepada pihak pengembang kawasan industri Pasar Kemis yaitu PT.PDP, " ucapnya.

Sopyan Anggota LSM GEMPPAR mengungakpkan Rasa keprihatinan nya  smapah telah menjadi permasalahan nasional sehingga pengelolaannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat, dan aman bagi lingkungan, serta dapat mengubah perilaku masyarakat.katanya.

" Dalam pengelolaan sampah diperlukan kepastian hukum, kejelasan tanggung jawab dan kewenangan Pemerintah, pemerintahan daerah, serta peran masyarakat dan dunia usaha sehingga pengelolaan sampah dapat berjalan secara proporsional, efektif, dan efisien"

Masih banyaknya pengusaha dan masayarakat yang masih nakal dan tidak memoerhatikan lingkungan sekitar agar tidak terjadi permasalah yang serius kami berharap bkepada pihak pemerintah kabupaten Tangerang baik Ari tingkat desa, kecamatan bahkan Kabupaten Tangerang lebih serius dalam permasalahan samapah yang semakin hari semakin tidak tertata dengan baik. harap Sopyan.



TerPopuler