HUT Kesehatan Nasional, Ribuan Warga Ramaikan Senam Sehat

BantenNet.com.LEBAK –Dalam rangka memperingati hari kesehatan Nasional ke-53 Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten menggelar acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang di pusatkan di Alun-alun Kota Rangkasbitung, Minggu (12/11).

Acara diawali dengan Senam sehat yang diikuti ribuan masyarakat Lebak dan dihadiri Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemerintahan Kabupaten Lebak.

Terlihat masyarakat sangat antusias dan menikmati senam sehat tersebut, bahkan terlihat anak usia dini pun ikut serta dalam gerakan senam itu.

Di acara Germas tersebut ada beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya, Senam sehat, Jalan Sehat, pemeriksaan kesehatan gratis, sosialisasi pola hidup sehat dan makan sehat seperti buah dan sayur serta sunatan massal yang sudah dilakukan sebelumnya.

“Sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang diterbitkan dalam rangka mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit maka tiap daerah di Indonesia harus melaksanakan kegiatan ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Maman Sukirman di sela-sela acara, Minggu (12/11).

Hidup sehat, kata Maman, bisa diawali dengan melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, Tidak Merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban.

“Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bisa juga dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian. Oleh karena itu mulai lah dari keluarga,” pungkasnya.

Diharapkan Maman, acara ini masyarakat bisa memahami dan mengetahui cara hidup sehat dengan pola yang benar, sehingga bisa menurunkan angka kematian oleh penyakit.

“Untuk itu masyarakat harus memeriksa kesehatannya sebelum sakit, jadi bisa diketahui apa yang dideritanya. Artinya lebih baik mencegah daripada mengobati,” tegasnya.

>red/Radarbantenonline

Post a Comment

0 Comments