F Mengerikan, 7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menimbulkan Kanker Payudara!BantenNet.com

Mengerikan, 7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menimbulkan Kanker Payudara!

Nov 11, 2017, Saturday, November 11, 2017
"Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang berpeluang besar terkena kanker payudara.

Penyebab paling umum terjadi karena seseorang yang telah menerapkan pola hidup yang buruk, seperti tidak menjaga pola makan dan jarang berolahraga.

Dari semua itu, kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lakukan juga ternyata bisa membuat kita rentan terkena kanker payudara. Melansir dari hellosehat.com, 7 kebiasaan berikut bisa berpotensi besar sebabkan kanker payudara:

1. Alkohol
Berdasarkan sebuah penelitian, wanita yang minum 3 hingga 6 gelas alkohol dalam seminggu bisa memperbesar peluang terkena kanker payudara hingga 15%. Ini karena alkohol dapat menghambat kerja sistem saraf, salah satunya dalam hal produksi hormon. Hormon yang tidak seimbang dapat menimbulkan kanker.

2. Merokok
Rokok memang tak henti-hentinya menyumbangkan penyakit mematikan bagi penikmatnya.

Kandungan zat karsinogenik paling kuat dalam rokok, seperti nikotin dan tar tidak hanya dapat menyebabkan kanker pada bagian paru-paru saja, faktanya sebuah data juga menjabarkan bahwa pasien yang terkena kanker payudara ditimbulkan karena merokok.

3. Pil KB
Sebenarnya penggunaan pil KB adalah hal yang aman selagi dikonsumsi dalam kadar yang tepat.

Penggunaan pil KB dalam jumlah yang banyak dapat menimbulkan kelebihan kadar esterogen dalam tubuh. Kelebihan hormon ini dapat mendorong timbulnya kanker pada bagian payudara.

4. Makan terlalu malam
Disarankan untuk tidak makan lebih dari pukul 7 malam. Sebuah studi menunjukan bahwa makan terlalu malam dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah. 

Penumpukan glukosa ini disebabkan karena metabolisme tubuh saat malam hari berjalan sangat lambat.

Lambat laun glukosa ini dapat memicu timbulnya sel kanker, tak menutup kemungkinan kanker payudara.

5. Makan makanan berlemak
Makanan berlemak trans dapat menyebabkan tubuh gemuk. Kadar lemak yang berlebihan ini jika tidak segera dibasmi dapat mempengaruhi kerja hormon. Ketidakseimbangan kerja hormon bisa membuka peluang bagi kanker payudara.

6. Begadang
Siapa bilang begadang itu boleh? Boleh aja sih, asal mau tanggung akibatnya. Apa akibat paling mengerikan jika terlalu sering begadang? Kanker payudara.

Terlalu sering begadang ternyata dapat mengurangi produksi hormon melatonin. Hormon inilah yang betugas menghambat pertumbuhan sel kanker. Maka tak heran, pada pasian pengidap kanker jenis apapun, ditemukan kadar melatonin yang sangat rendah.

7. Pasif
Orang yang pasif atau yang menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk tidur, duduk, dan bermalas-malasan mempunyai peluang besar mengidap kanker payudara.

Karena seperti yang kita tahu, kanker ini memang disebabkan karena gaya hidup yang buruk.

Setidaknya berikan kesempatan tubuh untuk bergerak lebih banyak, walaupun itu hanya membereskan rumah, mengurus tanaman, lebih bagus lagi jika berolahraga.

Meskipun kanker payudara biasanya menyerang wanita, tidak menutup kemungkinan juga bagi pria. Buktinya, sekarang banyak sekali kasus kanker payudara yang diderita pria.

Oleh karena itu, baik wanita ataupun pria menjalani pola hidup yang sehat dan seimbang sangatlah penting.

Sumber:

TerPopuler