F Stadion Bola Qatar Dirancang Bisa Dibongkar PasangBantenNet.com

Stadion Bola Qatar Dirancang Bisa Dibongkar Pasang

Nov 27, 2017, Monday, November 27, 2017
BantenNet.com.DOHA- Salah satu stadion sepakbola yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 di Qatar dirancang untuk bisa dibongkar pasang.

Pada Minggu (26/11) Qatar mengumumkan bahwa Stadion Ras Abu Aboud adalah stadion ketujuh dari delapan yang sedang dibangun untuk Piala Dunia 2022 dan  akan dibangun di pinggir laut wilayah selatan Doha dan akan menggelar pertandingan perempat final.

Stadion Ras Abu Aboud akan memiliki kapasitas 40.000 penonton dan setelah turnamen usai akan dibongkar. Setelah itu bagian-bagian stadion akan disimpan di kontainer dengan harapan akan ada yang menggunakannya kembali nanti di tempat lain.

"Stadion ini akan menjadi warisan sempurna, bisa dibangun ulang secara keseluruhan di lokasi baru atau dipecah menjadi beberapa lapangan olahraga atau panggung budaya yang lebih kecil," kata Hassan al-Thawadi, Sekretaris Jenderal Panitia Penyelenggara Piala Dunia Qatar.

Sebagian dari material yang dipakai untuk membangun stadion adalah kontainer yang telah dimodifikasi.

Arsitek stadion ini adalah perusahaan asal Madrid, Fenwick Iribarren. Perusahaan yang sama juga merancang satu stadion lainnya yaitu Qatar Foundation.

Dari semua stadion yang akan dibangun untuk 2022, baru Stadion Lusail yang belum diumumkan rancangannya. Stadion ini akan sangat spesial karena di sana akan digelar laga perdana dan final Piala Dunia.

Awalnya Qatar menawarkan 12 stadion baru, namun jadwal pertandingan yang ada sekarang hanya menunjukkan delapan lokasi. FIFA masih belum memutuskan berapa banyak stadion yang akan dipakai pada Piala Dunia 2022.

Sebelumnya pemerintah Qatar mengungkap bahwa pihaknya mengeluarkan dana US$ 500 juta (Rp 6,7 triliun) per pekan untuk biaya persiapan sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Sumber: AFP

TerPopuler