Universitas Pelita Harapan (Foodtech-UPH) Gelar FOOD EXPLORE 10


BantenNet.com.Persoalan pengolahan pangan menjadi perhatian Program Studi Teknologi Pangan Universitas Pelita Harapan (Foodtech-UPH) dalam ajang FOOD EXPLORE 10 yang diadakan dari tanggal 1 hingga 3 November 2017.

Kegiatan yang mengangkat tema “Food Processing and Quality Enhancement” ini  bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai apa itu pengolahan pangan yang baik dan benar. 

Hingga informasi peningkatan kualitas pangan yang dapat diperoleh dari pengolahan pangan yang baik dan benar. Hal ini bermanfaat agar persepsi masyarakat mengenai proses pengolahan pangan menjadi lebih baik lagi.

Menurut Reinald Febryanto Pengalila, Ketua panitia Food Explore 10 mengatakan, masih banyak masyarakat yang memiliki pemahaman keliru seputar pengolahan pangan.

Ia mencontohkan mengenai edible coating yang diaplikasikan pada buah untuk memperlambat proses pemasakkan dan pencoklatan buah, yang cenderung dianggap berbahaya.

“Kebanyakan masyarakat masih memandang edible coating merupakan pelapisan dengan penggunaan lilin atau plastik. Padahal edible coating adalah suatu proses yang dapat mempertahankan self-life dari makanan tersebut. "Sehingga self-life nya menjadi lebih panjang dan tidak berbahaya.

Karena bahannya sendiri aman, yang biasa terbuat dari selulosa yang sering dipakai dalam industry pangan serta bahan sebagai anti-microbial,”jelas Reinald.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FAST) UPH, Eric Jobiliong Ph.D juga memprihatinkan kurangnya kesadaran masayarakat terhadap persoalan ini. 

Menurutnya banyak makanan yang kita konsumsi  sehari-hari merupakan makanan yang telah diolah (diproses). Namun seringkali kita terlewat untuk memperhatikan kualitas makanan olahan yang kita konsumsi,"ujarnya. 

Karena itu melalui ajang FOOD EXPLORE 10  ini dirinya berharap dapat memberikan dampak positif kepada masyarakan di lingkungan UPH dan masyarakat luas, dalam hal pengolahan pangan yang baik dan penar, agar dapat meningkatkan kualitas pangan.

Sementara ketua Prodi Foodtech UPH, Ir.Wilbur Donald R. Pokatong, M.Sc., Ph.D., dalam kesempatan tersebut menyinggung peran aktif Prodi Foodtech dalam menghasilkan produk pangan berkualitas.

“Tema ‘Food Processing and Quality Enhancement’ sudah sangat tepat dan penting dalam proses penjaminan mutu pangan untuk menghasilkan produk pangan termasuk kemungkinan meningkatkan kualitas produk. 

Diharapkan melalui kegiatan FOOD EXPLORE ini dapat menepis pendapat keliru dari konsumen bahwa pengolahan pangan akan menghasilkan produk yang tidak baik untuk kesehatan,” jelas Donald.

Pada kegiatan tampak di isi dengan pameran 19 inovasi pangan 19 karya mahasiswa Foodtech di ‘Rumah Inovasi’, kompetisi debat pangan, Kompetisi inovasi bersyarat tingkat SMA, National foodpreneur competition yang diikuti perguruan tinggi dari berbagai daerah, dan talk show.

>Iin 

Post a Comment

0 Comments