Kades Rajeg Mulya: Budidaya Jangkrik Harapkan Jadi Usaha Mandiri

Kades Rajeg Mulya: Budidaya Jangkrik Harapkan Jadi Usaha Mandiri

Dec 23, 2017,

BantenNet.com.KABUPATEN TANGERANG - Sebuah trobosan untuk mengentaskan tingginya jumlah angka pengangguran di kalangan para remaja. Kepala Desa (Kades) Rajeg Mulya Sobri Baehaki melalui Anngaran APBDes 2017 dengan Program Pemberdayaan Masyarakat mengadakan pembinaan dan latihan budidaya ternak jangkrik di Desa Rajeg Mulya Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang pada, Sabtu (24/12/2017). 

"Sejak beberapa tahun lalu, jangkrik telah menjadi salah satu komoditas peternakan yang banyak dilirik masyarakat.

Dan tingginya permintaan terhadap jangkrik sebagai pakan burung kicau, ikan dan juga ditemukan bahwa di dalam tubuh jangkrik terkandung berbagai senyawa bernilai gizi tinggi dan bernilai farmakologi yang cukup baik.

Sehingga hal itulah yang mememicu Saya mengajak kepada masyarakat untuk membuka peluang usaha dalam  budidaya jangkrik di lingkungan warga di desa Rajeg Mulya ini,"terang Sobri baeyhaki ketika ditemui BantenNet.com.


"Dengan mengembangkan budidaya jangkrik,Mudah mudahan warga kami bisa menjadi pengusaha yang mandiri,"harap Sobri.

Dalam acara Pagelaran pemberdayaan tersebut hadir sebagai narasumber dari Pelnis BPP  Sudarmo S,Pd. Kusnadi, Kassi Pemberdayaan (Kesos) Yus Rusmiati,M,Si Kecamatan Rajeg, Sekretaris desa (Sekdes) Rahmat Hidayat, SE, BPD Rajeg mulya Cecep Yusuf, dan juga para Ketua Kelompok dan anggota budidaya jangkrik sebanyak 8 kelompok.

Seiring dengan itu,Rahmat Hidayat,SE, Sekdes Rajeg Mulya mengatakan,""Pemberdayaan budidaya jangkrik merupakan salah satu poin kunci dalam mempercepat perekonomian dimasyarakat

Dan konsep yang dijalankan untuk percepatan penguatan pemberdayaan masyarakat desa dari sisi lainya adalah dengan mengembangkan komunitas-komunitas masyarakat desa yang aktif dan kreatif. 

Pada akhirnya komunitas ini akan memiliki daya dobrak lebih kuat dari sisi ekonomi,"ujar Sekdes jebolan akademis Ekonomi. 

>red/dry

TerPopuler