Mudik Nyaman Ala BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa.


BantenNet.com, TIGARAKSA - Peserta Jaminan Kesehatan Nasional atau Kartu Indonesia Sahat (JKN-KIS) tidak parlu khawatir saat Iibur lebaran tahun 2018 tapatnya pada H-8 Samapai H+ 8 atau 7-23 Juni 2018 nanti, peserta JKN - KIS tatap berhak atas jaminan palayanan kesehatan selama hari Iiburan idul fitri dengan prosudur yang telah di sepakati dengan fasilitas kasehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Untuk peserta JKN - KIS yang menjalani mudik. Dan masih bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di Iuar kota untuk memperoleh palayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupu peserta tidak terdaftar di FKTP.

"Prinsif portabilitas pada Program JKN-KIS bisa di rasakan saat-saat mudik Iabaran.sesuai dangan peraturan perundangan dan yang selama ini sudah berjalan. peserta yang barada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu yang lama. dapat mangakses palayanan kesehatan di Fasilitas Tingkat pertama (FKTP) walaupun peserta Itu tidak terdaftar dl FKTP tarsebut"

" Ini juga sudah Menjadi bagian dari perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan faskes, dan faskes tidak diperkanankan menarik biaya tambahan" kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa Shanti Lestari dalam konferensi Pers dalam Tema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Senin (04/06) di Tlgaraksa.


Shanti menambahkan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga barlaku bagi FKTP Non Puskesmas (Kllnik Pratama dan Dokter Praktek Perorangan) yang mebuka praktak palayanan kesehatan Apabila trdak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur labaran di wilayah tersebut. atau peserta membutuhkan pelayanan di Iuar Jam buka layanan FKTP maka peseeta dapat di layani di IGD Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.tuturnya.

"Pada keadaaan kegawatdaruratan setluruh fasilttas kesehatan baik tingkat pertama maupun taingkat lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS Selama peserta JKN-KIS mangikuti prosudur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang di perolehnya bardasarkan Indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka akan dijamin dan dilayani serta memberukan fasilitas kesahatan dengan maksimal dan tidak diparkenankan menarkk iuran atau biaya dari peserta,” imbuh Shanti.

Oleh karenanya, para peserta JKN-KIS yang sedang mudik diimbau untuk salalu membawa Kartu JKN - KIS.tutur Sahnti

“Penting untuk diketahui bahwa pelayanan kesehatan hanya baerlaku bagi pesarta JKN - KIS dangan status kepesertaan yang masih aktif. Karena Itu, mohon agar peserta memastikan tetap mambayar iuran dan disiplin mambayar iuran agar status kapesertaannya selalu aktif Untuk mengecek iuran pesarta dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN, Dalam Mobile JKN peserta juga dapat melihat daftar fasilitas kasehatan terdekat yang bisa dikunjungi saat membutuhkan pelayanan kesehatan," Jelasnya.

"Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kasehatan yang diperlukan BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kasehatan yang bisa didownload sacara gratis di Geogle Play Store untuk perangkat Android. Aplikast tersabut manyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesahatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab seputer BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan. tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi panting, bahkan media media sosial BPJS Kesehatan"

Di sampmg itu, selama Iibur lebaran 2018. masyarakat juga tetap dapat menghubungi pihak BPJS Keseahatan dengan Cara menghubungi cal center 1500 400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari minggu dan libur agar masyarakata lebih mudah dalam memperoleh Informansi, serta bisa untuk melakukan pengaduan bahkan konsultasi kesehatan, dallam memperoleh peIayanan adminstrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivitasi), pendaftaran peserta JKN-KIS, pendaftaran bayi baru lahir katagori PPU anak pertama sampai dengan anak ketiga den bayi peserta PBI-APBN dan mangetahui perhitungan denda pelayanan.


Kantor Cabang BPJS Kesahatan tertentu juga akan tetap beroperasi pada tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, den 20 Juni 2018 dari pukul 08.00 12.00.

Sementare itu, BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik di 8 (dalapan) titik padat pemudik. yaitu Terminalt Pulo Gebang Jakarta, Rest Area KM 57 Cikampek. Stasiun Yogyakarta. Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bunguraslh Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Pelabuhan Gilimanuk Beli. Serta Palabuhan Merak Banten.

Posko Mudik BPJS Kesehatan yang digelar pada 9 sampai dengan 14 Juni 2018 tersebut manyediakan palayanan kesehatan, obat-obatan, fesilites relaksasi, hingga pemberian tnformasi program jeminan kesehatan kapada para pamudik.jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kabupaten Tangerang.

> hms/red




Post a Comment

0 Comments