Dana Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat, Seminar Bersama Mahasiswa UIN


BantenNet.com, KABUPATEN TANGERANG - Pemerintahan Desa Tegal Kunir Lor bersama sama dengan mahasiswa Universitas Islam. Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar kegiatan Seminar  Pemahaman Dana Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa pada (16/8) bertempat di Aula Balai Desa Tegal Kunir Lor Kecamatan Mauk.

Kades Tegal Kunir Lor Mahfudin MH dalam sambutannya mengatakan, memberikan apresiasi baik kepada para mahasiswa mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah melaksanakan kegiatan ini.

Banyak manfaat kepada masyarakat desa yang dapat dirasakan melalui program dana desa ini, baik dalam hal pembangunan infrastruktur fisik maupun non fisik.

Demikian halnya untuk Desa Tegal Kunir Lor saat ini di peruntukan kepada pencarian pembangunan infrastruktur wilayah.

Oleh karena itu, melalui kerja sama dengan semua pihak program tersebut dapat kami realisasikan, untuk itu perlunya koordinasi dalam penyampaian ide-ide dari seluruh elemen masyarakat khususnya di Desa Tegal Kunir Lor.

Terkait program peningkatan perekonomian kerakyatan  hingga kini asih perlu di kembangkan, "Insyaallah, tahun depan akan kami Realisasikan melalui program Badan Usaha Desa (Bumdes),"ucapnya.

Adapun  materi yang disampaikan pada kegiatan adalah,Sosialisasi serta pembinaan Dana Desa untuk 4 program prioritas Kementerian Desa,yaitu Pembanguna Daerah Tertinggal, Transmigrasi dan Manfaat dana desa untuk produktifitas ekonomi masyarakat desa,  Potensi penyalahgunaan dana desa dan strategi pencegahannya.

Pada kesempatan sama, Dr. Bibit Samad Rianto selaku  pembicara mengatakan, program Dana desa yang diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI sudah sangat banyak sampai akhir tahun 2018 ini.

Bibit mengharapkan agar para mahasiswa dan civitas akademika turut mengawasi penggunaan Dana Desa. Pasalnya, peranan dunia pendidikan sangat penting dalam mencegah korupsi Dana Desa.

“Mahasiswa dan masyarakat segera melapor ke satgas jika menemukan penyalah gunaan Dana Desa. Hanya saja, laporan ini harus disertai bukti valid, bukan sekadar surat kaleng,” pungkasnya..

Tampak hadir dalam kegiatan Dr. Bibit Samad Rianto, MM., P.hD  Ketua SatGas Dana Desa Kementerian Desa, Pembanghnan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Kapolres Tangerang, yang diwakili KasatBimas, Camat Mauk, para Kades,unsur Kapolsek, Koramil, unsur OKP, tokoh masyarakat dan pemuda.

Tampak dalam kegiatan juga di isi dengan  peresmian Taman Baca Desa Tegal Kunir Lor.

> red/ydi

Posting Komentar

0 Komentar