Proyek Paving Blok Tidak Sesuai RAB, Tidak Menggunakan Makadam.


BanteNet.com, KABUPATEN TANGERANG - kecamatan Pakuhaji. Masyarakat selama ini seringkali dianggap tidak bisa menjadi pemantau secara formal untuk mengawasi pembangunan yang menggunakan uang rakyat (proyek) sehingga pihak CV pun tidak mengikuti aturan yang berlaku. Contohnya papan nama proyek yang tidak di pasang.

Misalnya, proyek paving blok yang ada Rt.04 Rw. 011Kampung Alat Desa Kohod Kecamatan Pakuhaji ini contohnya. Proyek yang dikerjakan oleh pihak kontraktor namun pihak kontraktor tidak diketahui dan tidak ada papan proyek yang diduga dikerjakan asal jadi. Dimana pengerjaannya tidak terlihat memakai makadam, hanya diampar seperti menabur bunga diatas kuburan.

Proyek yang seharusnya diberi papan nama sebagai tanda bahwa proyek tersebut menggunakan anggaran negara dan masyarakat bisa mengawasi ini tidak dilakukan!. Begitu juga pelaksanaannya. Selain bahan yang digunakan tidak sesuai dengan RAB yang ada, juga pengerjaannya dinilai asal-asalan.


Ariz menjelaskan, bahwa pada Selasa ( 7/8 /18) proyek tersebut sudah sangat tidak karuan. "Padahal seharusnya dilaksanakan sesuai dengan Bestek atau aturan yang ada" jelas Ariz.

Lsm yang berasal dari Anggota LSM( KPPER) ini juga mengkritisi sistem pengawasan yang dilakukan oleh pihak terkait.
Menurutnya, pengawasan yang dilakukan sangat lemah. "pengawasan ini kayaknya juga tutup mata atas proyek yang seperti ini. Padahal tidak terlihat memakai makadam dan papan nama tidak terlihat pandangan mata setiap publik " tegasnya.

Selain itu, pengawasan yang dilakukan oleh pihak kecamatan juga tidak terlihat.

"Kayaknya antara pelaksana dan pengawas diduga ada kongkalikong terkait dengan proyek tersebut"

"Untuk itu kami akan melakukan investigasi dan akan melaporkan kepada pihak yang berwajib" pungkasnya.

> ydi

Posting Komentar

0 Komentar