Masyarakat pakuhaji Rayakan Malam 1 Muharram Dengan Pawai Obor Keliling Kampung.

Masyarakat pakuhaji Rayakan Malam 1 Muharram Dengan Pawai Obor Keliling Kampung.

Sep 11, 2018, Tuesday, September 11, 2018

BantenNet.com, KABUPATEN TANGERANG – Tahun Baru Islam yang jatuh pada 1 Muharam 1440 Hijriah atau Selasa (11/9/2018) diperingati oleh masyarakat muslim dengan berbagai cara, baik dengan pawai obor, Ceram agama,  Menyantunin anak yatim atau memberikan seni dan budaya yang berbau Nuansa Islami, seperti yang di lakukan oleh Warga Kelurahan pakuhaji tepatnya di kampung rawa kalong, Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang.

Datangnya Tahun Baru Islam dengan Pawai Obor adalah sebuah simbolis sebagai bentuk rasa syukur kita sebagai Umat Islam, Itu kan Cuma Kiasan Pawai obor selain untuk memeriahkan Tahun Baru Islam juga untuk melestarikan budaya, ucap Jawawi selaku Warga Kampung Rawa kalong kepada BantenNet.com, (10/9)

"Setiap malam tahun baru Islam memang selalu di meriahkan dengan Pawai Obor. Juga buat melestarikan tradisi yang ada, biasanay kita mulai badha isya," kata jawawi yang sedang mengawal Pawai,

Dengan memakai pakaian muslim bersarung bagi laki-laki dan pakaian muslimah berhijab bagi perempuan, para anak kecil maupun remaja berjalan beriringan sambil memegangi obor yang telah disulut api ditangannya.

Anak-anak kecil yang berbaris rapi di tengah rombongan dibatasi seutas tali untuk menjaga mereka tetap pada barisannya ketika berpawai mengitari kampung.tururnya

Untuk mendukung Kirab, tak lupa mereka membawa bedug kecil yang diletakan didepan rombongan seraya mengucap takbir.

Rute yang diambil, kata jawawi hanya mengitari sekitar perkampungan dan tidak terlalu jauh mengingatkan warga hanya sekedar memeriahkan malam Tahun Baru Islam.

"Nggak jauh-jauh, cuma sekeliling kampung aja," katanya jawawi

Menanggapi kegiatan itu Kapolsek Pakuhaji Suyatno bersama anggotanya turun ke jalan untuk mengawal jalannya pawai obor tersebut.

Kapolsek mengatakan “kegiatan pengawalan ini merupakan suatu bentuk pelayanan dan perlindungan dari kepolisian kepada masyarakat, sehingga kegiatan pawai obor bisa berjalan dengan aman, tertib dan terkendali.”

> yadi

TerPopuler