Antisipasi DBD, Rutan Jambe Difogging


BantenNet.com, KABUPATEN TANGERANG - Demi mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Rutan Kelas I Tangerang melakukan fogging atau pengasapan ke seluruh kamar napi dan area Rutan yang berada di Kecamatan Jambe. Selain bentuk pencegahan DBD, fogging tersebut dilakukan sesuai dengan himbauan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS).

Kepala Rutan Kelas I Tangerang, Dedi Cahyadi menjelaskan, Dirjen PAS Republik Indonesia telah memberikan instruksi kepada setiap Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) untuk berkoordinasi dan bekerjasama, dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam pelaksanaan Pelatihan Juru Pengamat Jentik (Jumantik) bagi pegawai.

“Selain itu juga, di musim penghujan ini ancaman penularan DBD semakin meningkat. Untuk itu, kami melakukan fogging untuk memberantas dan mencegah nyamuk-nyamuk DBD,” jelasnya, Minggu (27/1).

Dedi mengatakan, fogging tersebut dilakukan ke seluruh kamar napi dan area sekitar Rutan Kelas I Tangerang. Dengan harapan dapat membasmi nyamuk-nyamuk DBD, baik di rutan maupun di napi yang tengah menjalani masa tahanan.

“Karena banyaknya gejala DBD ini yang terjadi di sekarang-sekarang ini, makanya kita lakukan fogging di lingkungan Rutan Kelas 1 Tangerang ini. Sekaligus juga untuk menjaga kebersihan Rutan dan kamar para napi,” ungkapnya.

Dedi menambahkan, selain fogging pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang pola hidup sehat dan pencegahan penyakit DBD. Bahkan kata dia, pembentukan Jumantik juga akan dilakukannya dalam waktu dekat.

“Ke depan kami juga akan menerapkan pola hidup sehat agar tidak ada yang terkena DBD dan kami akan rutin melakukan pemusnahan jentik nyamuk secara berkala, dengan cara 3 M yaitu mengubur, menguras dan menutup tempat penyimpanan air,” pungkasnya.


> ldn

iklan%2BKemendagri

Post a Comment

0 Comments