Kodam Jaya Pertajam Kemampuan Pelatih Pertempuran Kota


BantenNet.com, JAKARTA - Untuk melatih kesiapsiagaan satuan jajarannya dalam menghadapi perkembangan ancaman di Ibukota, Kodam Jaya menggelar Penataran Pelatih Purkota (Pertempuran Kota) yang dipusatkan di Rindam Jaya, Jalan Raya Condet, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasarrebo, Jakarta Timur. Pembukaan penataran dipimpin oleh Kolonel Inf Handoko Prasetyo, S.I.P selaku Komandan Penataran, di Rindam Jaya, Kamis (14/2/19).

Satuan Kodam Jaya yang berada di wilayah DKI Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi merupakan daerah perkotaan yang padat penduduk dengan berbagai permasalahan yang kompleks. Hal ini menurut Danrindam Jaya harus diantisipasi dengan kesiapan Prajurit untuk menghadapinya. "Sangat diperlukan kesiapsiagaan satuan untuk menghadapi setiap bentuk ancaman dari dalam dan dari luar Jakarta. Penataran ini dimaksudkan untuk menghadapi ancaman yang terus berkembang tersebut," kata Handoko saat membacakan sambutan Danrindam Jaya pada upacara pembukaan penataran.

Handoko melanjutkan, dihadapkan dengan ancaman yang ada dan tipologi wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya yang merupakan daerah urban/perkotaan, diperlukan kemampuan Prajurit dalam bertempur di daerah perkotaan. "Dengan penataran ini, diharapkan para pelatih bisa mengajarkannya di satuan masing-masing, sehingga setiap Prajurit memiliki kemampuan pertempuran kota yang bisa diandalkan," lanjut Handoko yang juga sebagai Kepala Bagian Latihan Rindam Jaya.

Penataran Pelatih Pertempuran Kota ini akan berlangsung selama 21 hari, diikuti oleh 100 Prajurit sebagai kader pelatih yang berasal dari jajaran Brigif Mekanis 1 PIK/JS. Selain materi teori, para peserta penataran juga akan mempraktekan atau mengaplikasikan pertempuran kota yang sebenarnya. "Dari praktek tersebut, para pelatih harus bisa melatihkannya di satuan masing-masing," tegas Handoko.

Hadir dalam pembukaan penataran ini, para pendukung dan pelatih Purkota yang sudah mengikuti pelatihan secara terpusat dan para Perwira Staf Latihan Rindam Jaya.

Post a Comment

0 Comments