Pastikan Tahun 2019-2020 Mulai Terapkan Sistem E-Planing dan E-Budgeting


BantenNet.com, TULANG BAWANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang melalui Bagian Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tulangbawang pastikan tahun 2019-2020 mulai terapkan sistem  E-Planing dan E-Budgeting dalam pengelolaan keuangan daerah.

Kepala BPKAD Tulangbawang Rustam Effendi.. mengatakan perlahan tapi pasti pihaknya telah melakukan pembenahan sebagai langkah untuk mempersiapkan penerapan sistem e-planing dan e-buegeting dalam tata kelola keungan daerah.

“Kita lagi melakukan pembenahan mulai dari Aplikasi maupun SDM harus benar-benar siap karena dalam penerapan sistem e-planning dan e-baugeting seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharuskan punya masing-masing tenaga teknis operator yang mampu untuk input maupun entri data,”jelas Rustam. (17/02) kemarin.

Dikatakan Rustam effendi. untuk tata kelola keungan saat ini pemkab tulangbawang  penerapan masih menerapkan Sistem Informasi Menajemen Daerah (Simda) dan Sistem Keuangan (Siskeu) artinya pihaknya juga akan mengintegrasikan sistem tersebut dengan sistem  e-planning dan e-bougeting.
Agar lanjut Rustam tata kelola keuangan pemkab tulangbawang efektif efesien dan akuntabel dapat terlaksana dengan baik.

“Sistem aplikasi ini terus dikembangkan agar semua proses berjalan lebih maksimal maka harus terintegrasi dengan harapan tidak ada double entry, operator bisa langsung mengunakan data maupun kode masing-masing OPD  yang sudah ada di Simda,tidak perlu lagi infut ulang,”paparnya.

Oleh sebab itu Rustam menambahkan guna memaksimalkan penggunaan anggaran APBD Pemkab Tulangbawang di tahun ini maka sistem E-Budgeting tersebut di pastikan tidak akan digunakan di dalam tahun ini.

“Karena kita harus persiapkan dulu semuanya, sampai benar benar sudah siap,tapi tetap ada batas waktu siap atau tidak siap tahun 2019-2020,e-planning dan e-baugeting harus efektif mulai diterapkan "



> drm

Post a Comment

0 Comments