Danau Biru Cigaru Jadi Destinasi Wisata Untuk Provinsi Banten


BantenNet.com  ,KABUPATEN TANGERANG - Acara Banten Travel eXchange, adalah ajang pertemuan antara tour and travel agent, operator, tour guide, hotel dan pengelola obyek wisata dan para buyer wisata dari dalam dan luar negri, Telaga Biru Cigaru dan Disporabudpar Kabupaten Tangerang menjadi salah satu tenant yang memamerkan objek wisata serta produk dari Kabupaten Tangerang.
Senin, (8/4/2019).

Danau biru Cigaru sempat membuat heboh masyarakat Kabupaten Tangerang. Beberapa tahun yang lalu, area bekas pengerukkan pasir ini berubah menjadi kolam besar diisi air berwarna hijau dan biru. Sontak, fenomena alam itu menjadi daya tarik masyatakat yang ingin mengetahui keindahan danau tersebut. Keberadaan danau yang mengeluarkan air berwarna Biru jernih tersebut telah menjadi objek wisata dadakan masyarakat Kabupaten Tangerang, bahkan masyarakat dari luar daerah Kabupaten Tangerang juga penasaran mengunjungi lokasi danau tersebut.

Kini, setelah dua tahun berlalu, Pemerintah Kabupaten mencoba membangkitkan kembali wisata alam tersebut.

Dikatakan Kepala Disporabudpar Kabupaten Tangerang Drs.H.Ahmad Taufik M.Si mengatakan, pihaknya melihat terdapat potensi besar dari keberadaan danau Cigaru yang saat itu sangat fenomenal.

Menurutnya, keberadaan danau tersebut sangat tepat dijadikan objek wisata guna membangkitkan perekonomian masyarakat setempat.

Ahmad Taufik berharap, dengan adanya objek wisata telaga Cigaru masyarakat setempat bisa ikut berperan dalam memajukan dan mengembangkan wisata Cigaru tersebut. 

Pemkab Tangerang akan bekerjasama dengan pemilik lahan, serta menggandeng pihak tour and travel agar objek wisata itu dikelola bersama, sehingga objek wisata ini menjadi Destinasi yang lebih banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

“Objek wisata ini sangat potensial, sehingga kami berupaya untuk mengajak pemilik lahan, serta tour and travel untuk sama-sama mengembangkan objek wisata ini. Saya berharap masyarakat sekitar juga bisa terangkat perekonomiannya dengan adanya wisata telaga biru ini,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga, Ahmad Taufik berpesan agar objek wisata tersebut oleh masyarakat dijaga dan dapat dikembangkan, sebab menurutnya, saat ini kebanyakan masyarakat sudah jenuh dengan wisata yang monoton dan jauh, sementara lokasi Cigaru dapat dijangkau.

“Saya harap kita bisa mempertahankan alam dicisoka ini, karena ini konsepnya wisata alam maka harus kita jaga kalau bisa lebih ditata lagi dengan baik, kita jaga bersama, sampah juga jangan sampai numpuk disini, kita tata bersama kawasan ini,” jelasnya.

Dalam pengelolaan objek wisata itu tidak memungut biaya yang mahal sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan.

“Apabila wisata ini sudah berkembang yang menikmati juga bukan siapa-siapa, ya masyarakat kita juga. Tapi wisata ini juga harus murah jangan sampai mahal, agar terjangkau oleh masyarakat luas,” pesannya.

Sementara itu, Sudirman Indra yang biasa disebut Koh Acin selaku pemilik Tanah dan pengelola Kawasan wisata Danau Biru Cigaru mengatakan, Pembangunan dan pengembangan Danau Biru Cigaru yang dibuat tetap mempertahankan kearifan lokal Kabupaten Tangerang. Dirinya berupaya mengembangkan Potensi yang ada di Cigaru ini.
Menurutnya, 15 tahun yang lalu dirinya sudah berniat untuk merubah kawasan tersebut menjadi objek wisata. Rupanya niatnya itu didukung dengan terbentuknya danau dengan air berwarna biru.

“Berkat kuasa tuhan, sebelum digarap malah air di danau ini berubah menjadi jadi biru tentunya malah menambah daya tarik masyarakat untuk datang, karena hal tersebut lah akhirnya kita lakukan pekerjaan yang selama ini tertunda untuk membuat kawasan wisata,”tandasnya.

Tidak hanya ditampilkan Danau Biru Cisoka saja tetapi kita juga disuguhkan sebuah kolam renang yang pemandangannya asri bagaikan suasana berjemur di kolam renang rasa liburan ke Pantai.
Kolam renang suasana Pantai ini disajikan untuk anak kecil yang belum bisa berenang di Kolam renang untuk dewasa tetapi perlu pengawasan juga bagi keluarga untuk anaknya yang masih kecil agar tidak berada di dalam kolam renang orang dewasa tersebut karena itu sangat membahayakan untuk anak-anak.

Telaga Biru Cisoka ini sudah menjadi wisata Hits dan Instagramble
banget bagi seorang traveller yang suka membagikan hasil kenangan fotonya dalam media sosial. Bahkan, wisata ini sudah dikenali oleh banyak wisatawan lokal khususnya daerah Banten sendiri sebab wisata ini sudah menjadi wisata dengan memiliki keindahan alam yang sangat berbeda dari tempat wisata lainnya

Untuk diketahui, Objek Wisata Cigaru juga sudah memiliki beberapa area bermain yang baru dan lengkap, diantaranya, Getek Cinta, Bebek - Bebekan, Rumah Pintar Cigaru, Dan Kapal Pesiar.

> mad 

Post a Comment

0 Comments