Syarat Calon Kepala Desa Di Kabupaten Tangerang Minimal SMP Sederajat BantenNet

Syarat Calon Kepala Desa Di Kabupaten Tangerang Minimal SMP Sederajat

May 7, 2019, Tuesday, May 07, 2019

BantenNet.com, KABUPATEN TANGERANG  - Akhirnya Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menetapkan untuk Calon Kepala Desa (kades) minimal tamatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat sebagai salah satu persyaratan administrasi Mutlak yang nantinya akan di gunakan untuk standarisasi pendaftaran Bacalon Kades di bulan November 2019 ini.

Ahmad Hafid,Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-PD) Kabupaten Tangerang ketika di temui bantennet.com di ruang kerjanya menjelaskan," Mengenai persyaratan mutlak Bacalon kades, banyak pertanyaan yang dilontarkan warga kepadanya," Jelasnya.

Dia menambahkan sebelum Pilkades harus ada penetapan sementara (Pjs) Kades agar roda pemerintahan Desa tetap berjalan seperti biasa demi pelayanan kepada warga," Terangnya.

Para Pjs Kades tersebut nantinya  adalah Aparat Sipil Negara (ASN) yang dianggap telah berpengalaman dan mampu di bidang pemerintahan, biasanya yang bertugas di kantor kecamatan," Jelas Ahmad Hafid.

" Setelah mendaftar, maka Bacalon Kades harus lolos seleksi terlebih dahulu, baik itu Penjaringan Admistrasi serta tes tertulis kompetensi dasar di tingkat Panitia Pemilihan Kepala Desa tingkat Desa masing-masing," Paparnya.

Soal pemilik ijazah minimal SMP (Paket B) boleh mendaftarkan juga asalkan syarat lainnya, usia paling rendah 25 tahun dan tertinggi 65 tahun," tuturnya.

Setelah pendaftaran di nyatakan lulus di tingkat desa maka panitia akan segera melaporkan ke tingkat Kabupaten."Jadi jelas kewenangannya, Panitia Desa hanya menjaring dan melaporkan jumlah Bacalon Kadesnya saja,yang akan mengikuti kompetisi," tegasnya.

Pelaksanaan Pilkades digelar 17 November 2019 dan akan di laksanakan serentak 153 desa di 28 Kecamatan Se-Kabupaten Tangerang.

Achmad, mengatakan jika nanti dalam persyaratan pendidikan Bacalon Kades terkendala karena sebagian tidak tamat SMP atau sederajat,jangan menyalahkan Panitia di Desa,"paparnya

Sebenarnya sempat beredar informasi bahwa Calon Kades di Kabupaten Tangerang minimal SMA bahkan Sarjana atau yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi minimal strata tiga (S-3).
Karena tuntutan zaman juga guna mencari dan menciptakan seorang pemimpin di tingkat Desa yang mempunyai wawasan dan pendidikan agar nantinya mampu berdaya saing juga menciptakan inovasi di Desa yang ia pimpin.

Hafid mengatakan; Dalam hal ini pemerintah Kabupaten Tangerang telah menyediakan dana untuk Pilkades sebesar Rp.5 milyar dari keseluruhan yang dibutuhkan sebesar Rp 22,5 milyar.
Sedangkan Anggaran Pilkades berasal dari APBD 2019 dan sisanya dapat dicairkan pada Anggaran Belanja Tahunan (ABT).

Bahkan untuk suksesnya hajat ini pihak Pemkab Tangerang akan menggandeng akademisi dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinagor, Sumedang, Jawa Barat, dalam menyeleksi calon Kepala Desa pada Pilkades nanti
,Dia pun meyakini akademisi yang telah teruji dapat melahirkan pemimpin yang berkualitas dan sesuai kemampuannya," Ujarnya mengakhiri.

> ari
Iklan Masyarakat

TerPopuler