GMDM Kabupaten Tangerang, Gelar Care Free Day Dengan Penyuluhan Bahaya Narkoba Di Fly OverBantenNet

GMDM Kabupaten Tangerang, Gelar Care Free Day Dengan Penyuluhan Bahaya Narkoba Di Fly Over

Sep 8, 2019, Sunday, September 08, 2019


BantenNet.com ,KABUPATEN  TANGERANG- Banyak cara yang dilakukan untuk membuat tubuh kita sehat, baik jasmani maupun rohani.
Fly over Balaraja menjadi salah satu tempat favorit untuk acara Care Free Day (CFD) Hal ini dilakukan agar masyarakat yang akan berolaraga dapat menikmati udara segar serta pentingnya perilaku hidup sehat.

Dalam acara kegiatan Car Free Day kali ini, sengaja Badan Narkotika Provinsi Banten (BNN-P) menggandeng Lembaga Penggiat Anti Narkoba, Garda Mencegah dan Mengobati (GMDM) yang ada di Kabupaten Tangerang, untuk bersama menangani dan memerangi kasus Narkoba secara konsisten
Hal itu dilakukan karena BNN Pusat, Provinsi, Maupun Kabupaten tidak dapat bekerja sendiri, dibutuhkan peran serta membangun kerja sama dengan berbagai komponen masyarakat serta Stekhoulder
Menurut, perwakilan BNN Provinsi Banten, Kabid P2M, Abdul Majid SH,MH dalam rangkaian acara Care free Day (Minggu,8/9/2019) di jalan kolong Fly Over Balaraja.

Dirinya menjelaskan, Acara ini di gelar sekaligus dalam rangka penandatanganan perjanjian kerja sama sesuai Intruksi Presiden RI nomer : 6 Tahun 2018 Tentang Rencana Aksi Nasional yang dilakukan dalam rangka mendorong pelaksanaan bidang Pemberantasan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor yang semakin marak, juga mengacu pada Peraturan Ketua Badan Narkotika Nasional No.16 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata kerja Badan Narkotika Nasional serta merupakan rangkaian Program Kerja BNN Provinsi Banten 2019
Abdul Majid menjelaskan,"Kerja sama dengan masyarakat sangat dibutuhkan oleh BNN mengingat keterbatasan yang dimiliki oleh institusi," ungkapnya.

"Saat ini BNN memang telah memiliki perwakilan di 34 provinsi, tetapi pada tingkat Kabupaten/Kota belum semua dapat dijangkau. Oleh sebab itu peran masyarakat sangat diperlukan," terang Abdul Majid.

Adapun tiga poin penting yang menjadi ruang lingkup dalam kerja sama ini antara lain Penyebarluasan Informasi Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Pemberian informasi terkait dengan adanya dugaan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di masyarakat, serta Pemberian Pendampingan terhadap para pengguna yang bermasalah dengan hukum," jelasnya.

"Penandatanganan kerja sama dengan Penggiat Anti Narkoba Kabupaten Tangerang ini merupakan yang pertama bagi Kepala Bidang P2M BNN Provinsi Banten.
Saya berharap GMDM Kabupaten Tangerang dapat menjadi Organisasi Sosial kemasyarakatan yang secara nyata membantu BNN Pusat dan BNN Provinsi Banten dalam penanggulangan penyalahgunaan Narkoba," ujarnya.

Di tempat terpisah Erwin Subrata, selaku Ketua GMDM Kecamatan Balaraja,,meminta para pengurus GMDM untuk selalu Kreatif memberi gagasan-gagasan dalam  pencegahan Narkoba, khususnya pada generasi muda saat ini,"ucapnya.

"Kuncinya harus siap berkorban. Di sini kita itu Relawan Sosial, bergerak untuk memerangi peredaran Narkoba," pungkas Erwin Subrata, Minggu (8/9/2019).

Selaku pengagas dan penanggung jawab kegiatan, menekankan kegiatan ini jangan hanya berhenti pada pelantikan dan seremonial saja, namun harus ada keseriusan dan langkah kongkret dalam bergerak 
memerangi Narkoba,"paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPK GMDM Kabupaten Tangerang, Agus Karyanto, menjelaskan,"Saat ini Indonesia sedang dalam darurat perang terhadap Narkoba. Saya harap, selain pernyataan sikap dan penanda tanganan kerjasama, juga untuk membentuk dan menjadikan salah satu Desa yang ada di Kabupaten Tangerang menjadi Desa Bersinar "Bersih dari Narkoba," jelas Agus.

Memang saat ini DPK GMDM Kabupaten Tangerang masih harus terus bekerja keras dalam mensosialisasikan penting dan bahayanya penggunaan segala jenis Narkotika dan fiskotropika, " Kan, katanya, masyarakat pengin menikmati hidup sehat dan bersih," candanya.

Oleh karena itu masyarakat dihimbau pelaksanaan Care free day, kali ini  sebagai langkah awal memerangi Narkoba,"kata Agus Karyanto selaku Ketua DPK Gerak Mencegah Daripada Mengobati. ujar Agus.

Agus, menjelaskan pelaksanaan Desa Bersinar tersesebut merupakan bagian tindak lanj'ut program kerja BNN provinsi banten 2019.ia bergarap masyarakat patuh pada aturan serta mendukung, demi kecamanan serta keberhasilannya.

Masyarakat yang datang ke CPD kan mau sehat, mau hirup udara segar serta bebas narkoba, " makanya ayo ,bersama satukan tekad kita lakukan dari hal yang sekecil ini"tambah.

Nampak hadir Kapolaek Balaraja ,AKP .Feby Hariyanto, ketua BNN Kabupayen Tangerang H. Dedi sutardi SH, camat Balaraja Yayat Rohiman  Danramil 05 Balaraja Kapten arm Heri subahijo pjs Telagasari H. A. Nawawi, Lurah Balaraja Achmad Subagja.

Rangkaian kegiatan seluruh jajaran, dan partisipasi masyarakat, kami juga berharapan tingginya partisipasi masyarakat untuk kita dorong dalam pengawasan dan pendampingannya.

Acara yang di awali gerak jalan sehat serta sebam aerobik ditutup dengan acara sarapan pagi bersama rim pengingat anti narkoba dan ketua BNN kabupaten Tangerang.


> ari

Iklan Masyarakat

TerPopuler