Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Gelar Kontes Ternak Sapi IB


BantenNet.com. KABUPATEN TANGERANG - Dinas pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Tangerang kembali menggelar kontes ternak sapi hasil lnseminasi Buatan (IB). 

Kegiatan ini bertujuan  untuk mendorong kesadaran para peternak dalam meningkatkan mutu genetik melalui teknologi IB pada, Selasa (19/12/2017).

"Kontes ternak sapi  IB yang digelar pemerintah kabupaten tangerang, merupakan upaya pemerintah daerah untuk mendorong peternak agar tetap menjaga kualitas sapi hasil inseminasi buatan. 

Karena ternak sapi hasil IB bisa menghasilkan sapi yang berkualitas," Hal ini dikatakan Drh Mawardi Nasution Sekertaris dinas ( Sekdis) di sela acara Kontes  di lapangan Kampung Senen Kelurahan Sukatani Kecamatan Rajeg. 


Masih di katakannya,"Kegiatan inseminasi buatan merupakan kegiatan yang sangat penting dalam rangka meningkatkan mutu genetik dan pengembangan populasi ternak ruminansia.

Dan salah satu faktor keberhasilan program tersebut diantaranya, "Adalah peranan dari para petugas teknis yang ada di lapangan seperti petugas inseminator, paramedik, dan petugas lainnya,jelasnya. 

Menurutnya, Kabupaten tangerang merupakan salah satu daerah yang masih banyak peternakkan sapi. 

Sehingga pemerintah daerah terus melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan para peternak sapi, salah satunya dengan menggelar kontes ternak sapi yang rutin digelar setiap tahun,"pungkas Mawardi Nasution.

Begitu juga halnya di katakan Parikin ,S,Pt,MM,.Kabid Peternakan Kabupaten Tangerang angerang dalam sambutannya mengatakan,"Kami memberikan apresiasi kepada para peternak yang telah bersungguh sungguh dalam mengolah peternakannya. 

Untuk itu, kami atas nama pemerintah kabupaten tangerang memberikan reward dan penghargaan yang sebesar besarnya kepada para kontestan pada kontes ini,"ujar Parikin.

Dalam acara kontes hadir, Drs H Jenal Mutakin,M,Si.mewakili Camat Rajeg menyampaikan," Terima kasih kepada dinas pertanian dan ketahanan pangan yang menjadikan Kecamatan Rajeg sebagai tuan rumah di acara kontes sapi IB tingkat Kabupaten Tangerang ini. 

Kami berharap," Agar para peternak sapi yang ada di kabupaten Tangerang hususnya yang ada di kecamatan Rajeg agar lebih meningkatkan hasil produksi ternaknya,supaya bisa menjaga ketahanan pangan dalam pasokan daging di wilayah yang tangerang,"ucap Jenal.

Diketahui, acara kontes ternak sapi IB  ini diikuti  delapan belas (18) kecamatan seKabupaten Tangerang.

Dari hasil kontes, juara satu di raih Kecamatan Panongan nomor urut 16 dengan nilai tertinggi 45 jenis PO, nama peternak Eman. 

>red/dry

Posting Komentar

0 Komentar