GBK Dinobatkan Paling Istimewa Dalam Daftar 10 Stadion Terbaik Asia Tenggara


  
BantenNet.com-Sebuah kebanggaan bagi Indonesia, majalah olahraga yang berbasis di Inggris dan teleh terbit di 16 negara berbeda menilai Stadion Kebanggaan Indonesia, SUGBK sebagai stadion paling istimewa dalam jajaran 10 stadion terbaik di Asean saat ini.

Dilansir dari fourfourtwo.com 20/11/2017, GBK dinilai sebagai stadion dan “buyut” sepakbola Asia Tenggara karena sejarah serta beragam moment penting yang tersaji digelar disini. 

Selain itu dalam 10 daftar stadion terbaik Asia Tenggara, GBK merupakan stadion tertua yang masih bisa diandalkan dan bersaing, bahkan melebihi kualitas-kualitas stadion yang baru dibangun.


Gelora Bung Karno via tribunnews.com
Indonesia sendiri tak hanya menempatkan GBK sebagai wakil dalam daftar 10 stadion terbaik di Asia Tenggara. Markas Persib Bandung, Gelora Bumi Lautan Api juga masuk dalam daftar ini.

Kedua stadion kebangaan Indonesia ini bersanding dengan delapan stadion lain yang berasal 4 negara berbeda, yakni Thailand (3 Stadion), Singapura (1 Stadion), Vietnam (1 Stadion), Laos (1 Stadion), dan Malaysia (2 Stadion). Diantara kesepuluh stadion tersebut, GBK lah yang paling tua, karena dibangun pada tahun 1962 dimasa pemerintahan presiden Soekarno. Yang paling mendekati usia GBK adalah stadion yang menjadi markas klub Johor Darul Ta’zim Malaysia, yakni stadion Tan Sri Dato’ Hj. Hassan Yunos (Larkin) yang dibangun pada tahun 1964. Namun, GBK lebih unggul dari sisi kesejarahan dan juga fasilitas dari stadion ini sehingga didaulat menjadi stadion paling istimewa di Asia Tenggara.

Selain Gelora Bung Karno, Bandung Lautan Api dan Larkin dari Malaysia, 7 stadion terbaik yang saat ini dimiliki kawasan Asia Tenggara adalah Stadion I-Mobile Thailand yang menjadi markas klub Buriram United dan dibangun pada tahun 2011 dengan kapasitas 32.600 tempat duduk. 

Dua stadion lain milik Thailand yakni Rajamangala Stadium (dibangun pada tahun 1998 dan berkapasitas 49.772 tempat duduk) dan SCG Stadium markas Muangthong United berkapasitas 15.000 tempat duduk dan dibangun pada 1998 turut pula masuk dalam daftar deretan stadion terbaik Asia Tenggara.

Kualitas rumput stadion Lanexang saat dipakai bertanding. gambar via laoleague.com
Stadion kebanggaan Singapura, National Stadium yang dibangun pada tahun 2014 lalu dengan kapasitas 55.000 seat menjadi representasi kecanggihan stadion yang ada di Singapura saat ini. Stadion Bukit Jalil Malaysia pun ternyata masuk dalam jajaran stadion terbaik di Asean. 

Menurut data fourfourtwo.com, stadion yang pernah menjadi saksi kedigdayaan Timnas Indonesia tahun 2004 lalu yang membantai tuan rumah di semifinal Piala Tiger ini dibangun dengan pada tahun 1996 dan memiliki 87.400 tempat duduk.

Dua stadion tersisa menjadi milik Vietnam dan juga (ini kejutan) milik Laos. Stadion My Dinh Vietnam dinilai masih menjadi salah satu stadion terbaik oleh dikawasan Asia Tenggara dengan kapasitas 40.000 tempat duduk. Stadion ini, semenjak dibangun pada tahun 2003 lalu memang seolah menjadi representasis persepakbolaan Vietnam di tingkat internasional. 

Sehingga tak mengherankan jika timnas Vietnam pun menggunakannya sebagai markas dalam menjamu musuh-musuhnya. 

Dan satu lagi stadion terbaik di Asia Tenggara, ternyata menjadi milik Lanexang dari Laos yang dibangun pada tahun 2015 lalu. 

Meski hanya berkapasitas 4.000 tempat duduk namun ketersediaan kantor klub, gymnasium, ruang media dan sarana pendukung lainnya, membuat stadion ini masuk menjadi salah satu dari 10 stadion terbaik di Asia Tenggara.

>red 

Post a Comment

0 Comments