F Kepala Rutan Klas IIB Rangkasbitung Panen Raya Komoditas Cabai KeritingBantenNet.com

Kepala Rutan Klas IIB Rangkasbitung Panen Raya Komoditas Cabai Keriting

Dec 8, 2017, Friday, December 08, 2017

BantenNet.com. LEBAK -Pondok Asimilasi (Open Camp) Rumah Tahanan Negara Klas IIB Rangkasbitung kembali menambah catatan keberhasilannya di bidang Budidaya Pondok Asimilasi (Open Camp).

Seperti di lansir bungasbanten.co.id. Hal ini dibuktikan dengan  dilaksanakanya Panen Raya Komoditas Cabai Keriting yang berlangsung di Pondok Asimilasi Jalan Bay Pas Sumur Buang Cibadak Kabupaten Lebak,Jum’at (08/12/2017).

Kegiatan Panen raya tersebut dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Enny Purwaningsih, Perwakilan Kantor Bank Indonesia Banten, Kepala Unit Pelaksana teknis Pemasyarakatan wilayah Serang Raya, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Bank wilayah Rangkasbitung dan tamu Undangan lainnya.

Aliandra Harahap Kepala Rutan Rutan Rangkasbitung pada sambutannya melaporkan perkembangan Pondok Asimilasi Rutan Rangkasbitung.

Bahwa Pondok Asimilasi memiliki luas 2,42 Hektar, akan tetapi  pihaknya baru mengolah sekitar 3000 meter.

“Alhamdulillah kami bisa bertahan dan bisa berkembang sampai hari ini,berkat dukungan semua pihak terutama kegigihan petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang tak kenal lelah, kena hujan dan terik matahari.

Dalam mengelola kelangsungan Pondok Asimilasi hingga panen komoditas Cabai keriting ini. Insya Allah kita akan panen lebih dari 50 kg dalam satu kali panen”,ujarnya.

Selanjutanya Karutan juga mengucapkan terimakasih atas dukungan yang tak terhingga dari Bank Indonesia Banten, karena berkat kerjasama dengan BI Banten ini  pihaknya  bisa survive dan berkembang seperti saat ini.

“Kami sadari betul banyak memiliki keterbatasan sumber daya, tetapi kami berusaha semaksimal mungkin menjadikan Pondok Asimilasi ini tetap eksis dan produktif.

Menjadi wahana pembelajaran dan pembekalan bagi WBP dan syukur-syukur bisa menjadi kebanggan Pemasyarakatan menjadi bagian lapas Industri dibidang perkebunan dan agro wisata, "ungkapnya. 

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Enny Purwaningsih menanggapi laporan Kepala Rutan, bahwa ia membenarkan bahwa Rutan Rangkasbitung dengan Pondok Asimilasinya termasuk sukses dalam pengelolaan hasilnya.

“Saya sudah melaksankaan kegiatan panen ini 4 kali disini, Alhamdulillah bertahan dan sukses, jika sebelumnya bawang merah, pepaya, cabai, jagung, kali ini panen raya dengan komoditas yang baru, yaitu cabai keriting.

“Tepat sekali, apalagi harga sekarang sedang mahal, luar biasa pokoknya. Terimakasih kepada BI Banten yang telah mensuport. 

Namun saya berharap agar bisa menularkan kerjasamanya dengan Rutan/Lapas diwilayah Banten lainnya.

“Dan saya yakin lapas dan rutan lainya juga tidak mau kalah dengan Pondok Asimilasi Rutan Rangkasbitung” pungkasnya.

>red

TerPopuler