Puskesmas Kemiri Sosialisasi Pengenalan Gejala Penyakit Difteri


BantenNet.com.Kabupaten Tangerang-Puskesmas Kemiri, Kabupaten Tangerang menggelar sosialisasi dan pengenalan gejala penyakit difteri kepada seluruh lapisan masyarakat di aula Kecamatan Kemiri.

Dalam sosialisasi ini dihadiri Kepala UPT Puskesmas Kemiri, Camat Kemiri, Wakil Ketua MUI Kecamatan Kemiri dan Dewan Masjid Indonesia, Selasa (19/12/2017) seperti dilansir melalui tangerangonline.co.id.

Kepala Puskesmas Kemiri Agus Mulyawan menjelaskan kepada peserta yang menghadiri sosialisasi ini, bahwa gejala penyakit difteri di antaranya, suara serak, tenggorokan terasa sakit, nyeri saat menelan, kesulitan untuk bernapas, demam dan menggigil.

Jadi bagi masyarakat yang mengalami gejala tersebut langsung saja datang untuk berobat ke Puskesmas.

“Jika masyarakat mengalami gejala tersebut, langsung datangi kami, kami akan memberikan faksin imunisasi secara gratis,”ucapnya. 

Dirinya mengimbau kepada masyarakat yang belum melakukan imunisasi DPT, masyarakat segeran ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi tersebut.

Ia pun menjelaskan, penanganan penyakit difteri akan diberikan pengobatan anti difteri serum (ADS), dosis yang diberikan bagi penderita pun sesuai rujukan, antibiotik selama 7-10 hari pun turut serta pihaknya berikan, penderita di anggap sembuh apabila sudah selesai masa pengobatan.

Camat Kemiri Madisa tak bosan-bosan mengingatkan, khususnya kepada Kepala Desa dan para Ketua Rt untuk mengimbau kepada masyarakatnya untuk segera melaporkan kepada puskesmas apabila ada yang terkena gejala difteri.

“Peran serta Kepala Desa dan Ketua RT pun diperlukan dalam menanggulangi dan menangani penyakit difteri terhadap masyarakat,” tutupnya.

>red

Posting Komentar

0 Komentar