Panwaslu Kabupaten Serang Ajak Masyarakat Pro Aktif Awasi Pemilu 2019


BantenNet.com, KABUPATEN SERANG - Menjelang Pemilu tahun 2019, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Serang menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif pada pemilihan anggota DPR, DPRD, DPD Provinsi dan Kabupaten, serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, Kamis ( 24/5 ) di Hotel Wanda Galuh, Kota Serang - Banten.

Pada kegiatan tersebut, Komisioner Panwaslu Kabupaten Serang Bagian Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Abdurohman mengatakan," Bahwa dirinya mengakui saat ini Panwaslu Kabupaten Serang masih merasa kekurangan tim untuk menindak dan mencegah  pelanggaran-pelanggaran pemilu, oleh karena itu pihaknya berharap agar masyarakat Kabupaten Serang tidak hanya mengandalkan Panwaslu Kabupaten Serang dalam upaya melakukan pencegahan dan pelaporan pelanggaran pemilu," Katanya.

"Kami perlu informasi dan dukungan masyarakat dalam mengawasi pemilu agar tidak terjadi pelanggaran," ujarnya. 

Dia berharap agar masyarakat Kabupaten Serang pro aktif, apabila menemukan indikasi pelanggaran pemilu di wilayah Kabupaten Serang agar segera melaporkan ke Panwaslu Kabupaten Serang. "Masyarakat harus pro aktif, kalau ada pelanggaran pemilu segera laporkan ke kita," pintanya.

Masih Abdurohman terkadang masyarakat masih beranggapan, Bahwa Panwas merupakan lembaga yang mengeluarkan izin seperti pemasangan spanduk dan alat peraga kampanye lainnya, padahal panwas merupakan lembaga yang mempunyai fungsi pengawasan namun tidak mempunyai wewenang untuk memberikan izin. "Panwas masih dipandang lembaga yang mengeluarkan izin," terangnya.

Dalam melaksanakan tugasnya, panwaslu Kabupaten Serang akan lebih mengutamakan tindakan pencegahan, karena penindakan setelah ada pelanggaran menurutnya lebih beresiko menimbulkan masalah.

"Kita akan lakukan pencegahan terhadap potensi pelanggaran dengan melaksanakan tindakan, langkah-langkah dan upaya optimal mencegah secara dini terhadap potensi pelanggaran tersebut. Namun, apabila terdapat dugaan pelanggaran, maka kita akan melakukan tindakan penanganan secara cepat dan tepat terhadap temuan," jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya menyakini pelibatan masyarakat sangat perlu untuk mendapatkan informasi, mengingat adanya keterbatasan tim pengawas.

Kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif ini merupakan kegiatan yang digelar kedua kalinya, yang pertama digelar dengan para pengurus Parpol, dan kali ini sosialisasi dihadiri oleh para Jurnalis, Pengurus organisasi pemuda dan Mahasiswa.

> omn

Posting Komentar

0 Komentar