F Kenali manfaat mentimun Bagi Kesehatan Tubuh KitaBantenNet.com

Kenali manfaat mentimun Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Jan 19, 2019, Saturday, January 19, 2019


BantenNet.com, TANGERANG - Timun atau sering juga disebut mentimun adalah salah satu buah keajaiban alam.

Sejauh ini banyak pihak menganggap mentimun sebagai sayuran, karena faktanya tanaman hijau ini berkembang dari bunga dan mengandung biji tanaman.
Padahal mentimun sebenarnya tergolong buah, dari sudut pandang botani.

Ilmu botani menggolongkan bahwa semua bahan makanan yang berasal dari akar, batang, dan daun merupakan sayuran.
Sedangkan, buah adalah bahan makanan yang tumbuh dari benih buah.

Selain dagingnya renyah untuk lalapan, mentimun memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, dan Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkannya ke dalam diet harian Anda.
Berikut manfaat mentimun seperti dilansir dari foodprevent.com yang perlu Anda tahu;

1. Anda akan mendapatkan hidrasi tambahan
Ini adalah fakta yang diketahui bahwa tubuh Anda tidak dapat berfungsi tanpa air.
Air membersihkan tubuh Anda, dengan mengeluarkan racun.
Ini juga membantu membawa nutrisi penting ke seluruh tubuh Anda, dan melembabkan kulit dan tubuh, yang terpenting membantu mempertahankannya pada suhu tubuh.

Sejauh ini tak banyak orang yang tahu bahwa mereka mendapatkan 40 persen air harian dari asupan makanan yang mereka telan, termasuk mentimun mungkin.
Sebenarnya mentimun adalah 95 persen air. Jadi, ketika Anda makan mentimun, Anda pada dasarnya makan dan minum pada saat yang sama.

2. Anda akan mendapatkan nutrisi yang diperlukan
Mentimun rendah kalori menghasilkan antara 15-17 kalori dalam satu mentimun ukuran sedang.
Tapi, buah rendah kalori ini dikemas dengan banyak nutrisi seperti serat, karbohidrat, protein, Vitamin C, K dan B, kalium, manganeze, zat besi, seng, riboflavin, dan magnesium.
Jika Anda ingin menyimpan semua nutrisi itu, sebaiknya jangan dikupas kulit mentimun, karena banyak nutrisi, terutama serat, yang ditemukan di lapisan luar.

3. Kurangi efek mabuk
Makan mentimun sebelum tidur juga direkomendasikan bagi Anda yang tukang mabuk alkohol, untuk membantu keseimbangan elektrolit tubuh dari efek racun alkohol.

4. Anda akan mulai menurunkan berat badan
Karena mentimun rendah kalori, nutrisi tinggi dan kadar air tinggi, mentimun membantu menjaga sebagian besar dari apa yang Anda konsumsi, sambil membuat Anda kenyang.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan dengan kadar air lebih besar kehilangan lebih banyak berat daripada diet dengan lebih sedikit air.
Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Nutrisi Manusia, Makanan dan Olahraga menemukan bahwa air minum meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar, yang dikenal sebagai sisa pengeluaran energi.

Dengan mengganti lauk kalori tinggi dengan mentimun, Anda mungkin akan melihat perubahan positif dalam upaya penurunan berat badan Anda.

5. Anda akan memiliki nafas yang lebih segar
Mentimun adalah penyegar nafas alami. Karena phytochemical yang membantu mentimun melindungi diri dari zat berbahaya selain dapat menghalau bakteri berbahaya di mulut Anda.

Cukup pegang irisan mentimun di atap mulut Anda dengan lidah selama 30 detik untuk membunuh bakteri dan mendinginkan mulut.

6. Gula darah Anda akan berkurang
Ketimun mengandung beberapa antioksidan, termasuk vitamin C, beta-karoten dan mangan, serta flavonoid, triterpen dan polifenol yang disebut lignan.

Polifenol ini mengurangi stres oksidatif, mengakibatkan penurunan kadar kolesterol jahat dan gula darah.
Menurut WebMD, konsumsi polifenol mirip dengan banyak obat diabetes, yang mungkin tidak hanya membantu mengobati diabetes, tetapi juga membantu mencegahnya.

7. Tingkat stres Anda mungkin lebih rendah
Beberapa vitamin B yang terkandung dalam mentimun, yang meliputi vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7 diketahui membantu menurunkan kecemasan dan beberapa efek stres yang ditimbulkan oleh stresor kehidupan negatif.

Ini sebagian besar disebabkan oleh kemampuan vitamin B untuk menghasilkan energi.
Vitamin B adalah vitamin esensial yang larut dalam air yang memainkan peran penting dalam metabolisme, misalnya mengubah makanan dan simpanan tubuh lainnya menjadi energi. (*)

TerPopuler