F Warga Katomas Balong Harapkan Adanya Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) BantenNet.com

Warga Katomas Balong Harapkan Adanya Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS)

Mar 14, 2019, Thursday, March 14, 2019

BantenNet.com, KABUPATEN TANGERANG - Karena tidak tersedianya tempat pembuangan sampah semetara dan tidak adanya pengangkutan sampah warga Kampung Katomas Balong RT 01/ RW 04, Desa Matagara, Kecamatan Tigaraksa harapkan pemerintah setempat menyediakan fasilitas tempat pembuangan sampah sementara (TPS) serta adanya armada yang mengangkut sampah di kampung tersebut.

Barmawi Ketua RT 01/ RW 04 Kampung Katomas Balong, mengatakan dikarenakan tidak adanya tempat pembuangan sampah sementara membuat warga memilih untuk membakar sampahnya, menurutnya hal tersebut berbahaya karena akan menimbulkan kerusakan lingkungan, ujarnya kepada BantenNet.com, Kamis (14/3).

“Saat ini dikampung kami masih belum ada fasilitas tempat pembuangan sampah sementara atau bak-bak sampah didepan rumah para warga, padahal hal itu sangat penting agar warga tidak membakar sampahnya karena pembakaran sampah jenis apapun bisa merusak lingkungan hidup apalagi jika sampah pelastik bekas belanja, tutur Barmawi.

Ia juga menambahkan, dirinya sudah sempat mengajukan permintaan warganya kepada pihak desa, namun sampai saat ini belum ada kepastian kapan akan disediakannya tempat pembuangan sampah sementara tersebut.

“Waktu itu saya sudah sempat menyampaikan permintaan warga, namun ya sampai saat ini memang belum ada kepastian, “ tamabahnya.

Senada dengan ketua RT, Eksam Jaya Sasmita tokoh Masyarakat Kampung Katomas Balong juga menyampaikan Pemerintah Desa harus fasilitasi tempat pembuangan sampah di kampungnya tersebut, ia juga menyampaikan warga setuju jika pengangkutan sampah harus membayar iuran perbulannya.

“Untuk menjaga lingkungan kita agar tetap bersih dan sehat jelas Pemerintah Desa juga harus memfasilitasi, kami disini berharap akan tersedianya bak sampah didepan rumah-rumah warga, kami juga meminta pemerintah menyediakan armada untuk mengangkut sampah agar dibuang ke TPA, jika harus ditarik iuran perbulannya kami tidak masalah yang penting lingkungan kami bersih, “ ujar Eksam.

Sementara itu, Rudi PJS Desa Matagara menyampaikan, jika dirinya akan melihat lokasi terlebih dahulu mengenai permintaan warga tentang fasilitas tempat pembuangan sampah sementara.

“Mengenai permintaan warga Kampung Katomas Balong RT 01/ RW 04, soal fasilitas bak sampah atau tempat pembuangan sampah sementara, nanti akan saya kroscek terlebih dahulu, “ ucapnya.


>ldn/ydi

TerPopuler