F Ciptakan Pemilu Aman, Bupati Lebak Buka Acara Deklarasi Damai

Ciptakan Pemilu Aman, Bupati Lebak Buka Acara Deklarasi Damai

Apr 26, 2019, Friday, April 26, 2019

BantenNet.com, LEBAK - Bertempat di Aula pelataran Makodim 0603 Lebak Banten. Acara Deklarasi Damai yang bertujuan Menciptakan suasana Lebak Yang Aman dan Sejuk pasca Pilpres dan Pileg 2019

Hadir Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya SE.MM, Wakil Bupati Lebak H. Ade Sumardi SE.M.Si, Ketua DPRD Lebak yang diwakili Wakil Sdr. H.M. Yogi, Kapolres Lebak AKBP Dani Arianto S.I.K.MH, Dandim 0603 Lebak Letkol Kav Yuda Setiawan SE, Kasdim 0603 Lebak Mayor Inf Moh. Jaeni, Kasat Intel Polres Lebak AKP Eddy Prastyo Hermawan SE, Pasi Intel Kodim 0630 Lebak Kapten Arm Basori, Sub Denpom Lettu Riswara, Dan Dodik Latpur Lettu Mane, Pasiintel Kejaksaan Lebak Riyan SH, Asda 1 Alkadri, Kasid Perindag Kab. Lebak Dedi Rahmat, Kasatpol PP Lebak Dartim, Ketua Bawaslu Lebak  Odong Hudori, Ketua KPU Lebak Ni'matullah, Seketaris KPU Lebak Tedi Kurniadi, serta para Perwakilan partai politik peserta Pemilu tahun 2019, dan para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Lebak

Dalam sambutannya Bupati Lebak, mengapresiasi kegiatan silaturahmi ini.
Menurutnya, "ini adalah bentuk rasa bersyukur kita, masyarakat kabupaten Lebak yang di kenal Agamis, Santun; juga selalu menggedepan rasa saling asah,asih,dan asuh walaupun masyarakat kita kemarin baru saja disibukan oleh banyaknya kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran," ujar Hj.Iti yang selalu di pangil oleh awak media.

" Perbedaan bukan menjadikan kita untuk saling bermusuhan,sedangkan ke beragaman itulah yang membuat indah hidup berbangsa dan bertanah air," ungkapnya.

Bupati Lebak:juga, menyampaikan rasa berterma kasih kepada para penyelenggara Pemilu baik KPU dan Bawaslu serta aparat keamanan TNI/Polri dan masyarakat Kabupaten Lebak yg telah ikut serta mensukseskan pelaksanaan Pemilu tahun 2019.

Oleh karena itu Dirinya juga mengajak dan menghimbau kepada masyarakat agar menjaga kondusifitas daerahnya masing-masing," tegasnya.

Hj.Iti Octaviani Jayabaya juga menyebut, acara ini sangat luar biasa dan bisa jadi bahan evaluasi pelaksanaan Deklarasi Damai pasca pelaksanaan Pemilu tahun 2019, Serta guna persiapan menjelang dan menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H." ungkapnya

Dan pada akhir sambutannya Bupati Lebak berjanji segera bekerja sama dengan seluruh element masyarakat untuk mensosialisasikan dan mengelurkan surat edaran larangan agar warung, Restoran atau tempat makan siap saji  tidak berdagang pada jam dan waktu masyarakat sedang menunaikan ibadah puasa," ujarnya mengakhiri.

Sementara itu Ni'matuloh,Selaku ketua KPU, ketika menyampaikan laporan pertanggung jawaban serta Evaluasi Penyelenggaraan Pasca Plpres dan Pileg mengakui disana sini masih banyak kekurangan baik di tingkat TPS, PPS, PPK maupun penyelengara tingkat Kabupaten," paparnya.

"Secara keseluruhan pelaksanaan Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Lebak berjalan secara lancar sampai saat ini rapat pleno ditingkat kecamatan sekitar 20 kecamatan telah selesai dan sekitar 15 kecamatan telah mengirimkan formulir hasil rekapitulasi telah diserahkan ke KPU Kabupaten Lebak" Terangnya.

Ini semua berkat dukungan pemerintah daerah, TNI/Polri serta masyarakat Kabupaten Lebak yg solite dan kompak.

Sementara Ketua Bawaslu Lebak, Odong Hudori, menceritakan dari awal kami melakukan pengawasan secara melekat di 3.992 TPS

"Baik proses pendistribusian logistik pasca pemungutan suara ada 15 Kotak suara di Kecamatan Panggarangan hancur pasca pendistribusian dari desa ke Kecamatan dikarenakan kodisi alam yaitu hujan,"paparnya.

Bahkan Terdapat juga 2 Kecamatan yang pelaksananan pemungutan suara melebihi dari batas waktu yg telah ditentukan(Kecamatan Cipanas dan Kecamatan Leuwidamar)" tuturnya.

Terkait soal PSU( pemunggutan Suara Ulang) di 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Cibadak, Kecamatan Muncang dan Kecamatan Rangkasbitung kami langsung tiindak tegas karena proses pemungutan dan perhitungan suara di luar tatacara perundang undangan, juga indikasi pemilih luar daerah yang menggunakan hak pilihnya di TPS juga tidak ada dalam DPT
Pada akhirnya acara tersrbut di tutup dengan kesepakatan dan penanda tanganan Deklarasi damai.


> ari/mad

TerPopuler