F Penyakit Tuberculosis (TB) Di Indonesia ketiga Didunia BantenNet.com

Penyakit Tuberculosis (TB) Di Indonesia ketiga Didunia

Apr 3, 2019, Wednesday, April 03, 2019

BantenNet.com, KABUPATEN TANGERANG - Dr.Desi Riana MARS Kadis Kesehatan Kabupaten Tangerang, menjelaskan bahwa TBC di Indonesia tertinggi ketiga didunia setelah China dan India hal ini di ungkapkannya usai menghadiri Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh LKNU Tangerang Raya, bertempat di Islamic Center Village pada rabu (3/4/2019)

Menurutnya Di Kabupaten Tangerang untuk penyakit Tuberculosis (TB) masih cukup tinggi maka kita perlu bergandengan tangan dengan semua elemen masyarakat untuk mensosialiaasikannya.ujarnya.

“Masih cukup tingginya penyakit Tuberkulosis (TB) di Kabupaten Tangerang, karena Kabupaten Tangerang merupakan daerah terbanyak penduduknya di Provinsi Banten, jika ada masyarakat yang mengidap penyakit TB ini Pemkab Tangerang siap untuk mengobatinya sampai sembuh tanpa dipungut biaya alias geratis,” ucapnya.

Desi menambahkan, untuk pengobatan TB itu memerlukan waktu selama enam bulan untuk penyembuhannya.

"Penyakit TB itu bisa disembuhkan,  asalkan semangat mau berobat, selama enam bulan dan minumlah obat secara teratur setiap hari selama enam bulan itu, bagi masyarakat yang mengidap TB datanglah kepuskesmas terdekat",himbaunya

Gejala penyakit Tuberkulosis (TBC/TB) bisa di bagi beberapa Gejala Utamanya seperti Batuk Berdahak terus menerus lebih dari 2 minggu, Batuk bercampur darah, Sesak napas dan nyeri dada ada juga Gejala Tambahannya adanya penurunan Berat badan di barengi dengan demam meriang berkepanjangan, berkeringat dimalam hari walaupun tidak melakukan kegiatan Serta kurangnya napsu makan.

" Segera Periksa ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat jika anda mempunyai gejala TB atau menemukan orang dengan gejala TB" pintanya.

Hal senada di ungkapkan dr. Hendra Tarmidzi.MARS, sebanyak 11.000 kasus yang sudah kami temukan dari target pencarian sebanyak 12000 kasus yang di tentukan oleh kemenkes. Untuk seluruh wilayah kabupaten Tangerang, saat ini kasus pengidep penyakit TB Paruh paling banyak di wilayah kota bumi kabupaten tangerang.

" Dan Pengidapnya kebanyakan pada usia produktif atau kepala Keluaraga, penyebanya tidak jauh dan terlepas dari permasalahan ekonomi" terangnya.

Dia juga meminta bagi para penderita TB untuk  segera memerikasany di puskesmas terdekat dengan membayar cukup dengan tiga ribu rupiah karna untuk obatnya sendiri sudah di persiapkan oleh kemenkes, periksa secra teratur selama enam bulan agar mendapatkan kesembuhan secara total.tutup Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan  Kabupaten Tangerang.

> ldn

TerPopuler