Awasi Maraknya Ijazah Aspal Jelang Pilkades Serentak

Awasi Maraknya Ijazah Aspal Jelang Pilkades Serentak

Jun 17, 2019, June 17, 2019

BantenNet.com, KABUPATEN  TANGERANG  - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tangerang akan segera bergulir, Sejumlah pihak minta agar pelaksanaan pesta demokrasi Enam tahun sekali di tingkat Desa bisa berjalan sesuai prosedur yang ada dan tidak adanya pelanggaran hukum sehingga Kades yang terpilih berkualitas sesuai kehendak dan ke inginan  masyarakat Desanya masing -masing.

H.Saipul Ulum SH pengamat dan pemerhati politik di Kabupaten Tangerang mempaparkan, bahwa salah satu persyaratan mutlak Bakal Calon (balon) Kades adalah kelengkapan ijazah pendidikan yakni minimal SMP sederajat akan tetapi juga harus di buktikan dengan Ijazah Sekolah Dasarnya," paparnya ketika di temui BantenNet.com di kediamannya Senin (17/6/2019).

Menurutnya,Syarat yang sangat penting adalah, Panitia Pilkades tidak boleh sembarangan dalam meloloskan Bakal Calon yang ijazahnya masih diragukan, perlu dilakukan verifikasi ijazah terlebih dahulu mulai dari tingkat sekolah dasar hingga SMP sederajat sesuai dalam persyaratan dan aturan yang berlaku saat ini.

H.Saipul Ulum juga menegaskan, jangan sekedar adanya foto kopi ijazah atau hanya surat keterangan pernah mengenyam pendidikan di sekolah tersebut dengan serta merta dianggap layak dan di loloskan, tetapi panitia disini harus benar - benar mengecek langsung nomer Regestrasi, kalau perlu sampai ke asal sekolah yang bersangkutan dan Dinas Pendidikan, karena Note ijasah kesetaraan baik itu paket A B C, dibubuhi tanda tangan dari Kepala Dinas Pendidikan Setempat mana yang mengeluarkannya, bukan Penyelengara," tegas H.Saipul Ulum.

Dia juga minta dan mengharapkan jika ada Balon Kades yang berijasah Aspal (Asli tapi Palsu) agar tidak memaksakan untuk mencalonkan diri. Sebab hal ini justru bisa berimplementasi pada kasus hukum yang lain, yakni pemalsuan ijasah," harap Saipul.

Saepul juga mengutarakan ada beberapa Desa dan Sekedar untuk  diketahui bersama bahwa Pilkades serentak se-Kabupaten Tangerang akan diadakan pada 17 November 2019 mendatang. Ada 153 Desa dari 28 Kecamatan yang nantinya melaksanakan Pilkades serentak. Sementara untuk di Kecamatan Kresek sendiri ada 7 Desa yang akan melaksanakannya yakni Desa Patrasana, Renged, Talok, Pasir Ampo, Koper, Jengkol dan Kemuning.

Sedangkan untuk Kecamatan Sukamulya, akan ada 5 Desa yang akan melaksanakan Pilkades, Yaitu Desa Sukamulya, Desa Perahu, Desa Kali Asin, Desa Benda dan Desa Merak," ujarnya mengakhiri


>ari

TerPopuler