Sunarto ; Pada Akhir Juni 50 Rumah Akan Di Bedah

Sunarto ; Pada Akhir Juni 50 Rumah Akan Di Bedah

Jun 17, 2019, June 17, 2019

BantenNet.com, KABUPATEN TANGERANG - Pelaksanaan BSPS ini adalah perwujudan dari Peraturan Mentri Pekerjaan Umum  Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia Tentang Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Sosialisasi Program Bantuan Bedah Rumah, digelar di Aula Kantor Desa Gintung Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang Banten. Pada senin (18/7/19).

Sosialisasi dihadiri Aparatur Desa Gintung, BPD, Pendamping Program Pelaksana Bedah Rumah, Warga Masyarakat calon penerima bantuan bedah rumah stimulan swadaya.

Kepala Desa Gintung, yang akrab disapa dengan panggilan Narto, menyampaikan, bantuan BSPS ini anggarannya bersumber dari kementerian PUPR dan ditujukan bagi yang semula bilik bambu menjadi batu bata dan perbaikan atap yang rapuh dari rawan untuk roboh itu yang menjadi prioritas sasaran program bedah rumah..

"Penerima bantuan bedah rumah akan menerima bantuan senilai 17,5jta/Kk terbagi untuk masing-masing peruntukannya, yaitu 15jta itu berupa bantuan matreal dan 2,5jta upah tukang/pekerja."ujarnya

Lebih jauh kades gintung menjelaskan, nantinya, yang sudah terdaftar akan dilakukan peninjauan langsung di masing-masing tempat calon penerima dan dilakukan verifikasi.

"Seluruh masyarakat yang telah terdata berjumlah 70 KK, sedangkan kuota yang dimiliki untuk desa gintung yaitu 50 KK, ini nantinya akan dilakukan peninjauan langsung di masing-masing tempat calon penerima dan selanjutnya akan dilakukan pendataan ulang melalui proses verefikasi untuk memastikan siapa yang layak atau tidaknya menerima bantuan."terang Narto

Narto juga berharap bagi masyarakat yang nantinya lulus verifikasi sebagai penerima bedah rumah karna mungkin di anggap layak untuk menerima bantuan, diharapkan keseriusan dan kesungguhannya untuk dibangunkan sesuai aturan.

"Bagi warga yang sudah terdata namun mungkin masih sedikit banyak memiliki kendala baik itu surat-menyurat atau lain sebagainya, diharapkan agar tidak sungkan-sungkan bertanya atau langsung bisa menghubungi pihak Pendamping Bedah Rumah, bisa juga melalui aparat Desa agar supaya pelaksanaan bedah rumah nantinya, dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan sedikitpun sesuai harapan yaitu bisa mencapai 100% sukses.”pungkasnya

Sementara H.Misbah ketua BPD desa gintung mengaku, sangat senang dengan adanya program bedah rumah ini juga untuk mengurangi tingkat kesenjangan yang ada.

"Sangat bagus karena dengan bedah rumah ini selain mengurangi kemiskinan juga menghilangkan tingkat kesenjangan di desa gintung, dimana masih banyak terdapat rumah gedung namun di sebelah nya rumah gubuk dengan dinding bilik bambu."ungkapnya

Perlu diketahui Tujuan Kegiatan BSPS adalah terbangunnya rumah yang layak huni oleh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang didukung dengan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum (PSU) dari perumahan yang sehat, aman, serasi dan berkelanjutan.

> ldn

TerPopuler