Antisipasi Ijasah Aspal Panitia Pilkades Melakukan Verifikasi FaktualBantenNet

Antisipasi Ijasah Aspal Panitia Pilkades Melakukan Verifikasi Faktual

25 Sep 2019, 9/25/2019

BantenNet.com, KABUPATEN TANGERANG - Untuk mengantisipasi ijazah palsu yang dipakai persyaratan administrasi bakal calon kepala desa, panitia pemilih kepala desa (pilkades) Desa Lebak Wangi, Kecamtan Sepatan Timur mendatangi sekolah-sekolah setempat untuk melakukan verifikasi faktual. Mendatangi sejumlah sekolah untuk kroscek kebenarannya, apakah ijazah bakal calon kades itu asli atau tidak asli (palsu).

Menurut Ketua Panitia Pilkades Agus, di Desa Lebak Wangi warga yang mendaftar sebagai bakal calon kepala desa sebanyak 9 orang. Yaitu, Setyawati Artiningsih, Bakri, Subur, Saeful Bahri, Maman Siswanto, Mohamad Syubur, Hapid, Nesin dan Suhaeri.

Saat mendaftar masing-masing bakal calon tersebut telah menyerahkan foto copy ijazah yang telah dilegalisir oleh sekolah. Selanjutnya, panitia pilkades mendatangi sekolah untuk memastikan keaslian ijazah tersebut.

Meskipun tahapan klarifikasi faktual mulai dilaksanakan pada 26 Sebtember sampai dengan 3 Oktober, namun tahapan ini sudah dilaksanakan setelah panitia pilkades menutup pendaftaran. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bakal calon kades yang sekolahnya berada di luar daerah Tangerang, sudah mulai dilaksanakan.

Legalisir pada foto copy ijazah merupakan bentuk keabsan keaslian ijazah. Mengingat saat mengajukan legalisir, ijazah asli harus dibawa atau disertakan. Saat miinta legalisir itu harus membawa ijazah asli, sehingga foto copy ijazah yang dilegalisir itu sah.

Seperti diketahui, 1 Desember mendatang Kabupaten Tangerang akan menggelar pilkades serentak. Untuk pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat desa ini, pemerintah setempat telah menyiapkan anggaran yang diambilkan dari APBD.

> iwn
Iklan Masyarakat

TerPopuler