Empat Balon Kades Pasir Ampo telah Mendaftar Ke Panitia PilkadesBantenNet

Empat Balon Kades Pasir Ampo telah Mendaftar Ke Panitia Pilkades

18 Sep 2019, 9/18/2019

BantenNet.com, KABUPATEN TANGERANG - Panitia Pilkades Desa Pasir Ampo, Kecamatan Kresek telah berhasil menjaring dan menerima seluruh berkas Bakal Calon Kades (Red. 4 Balon) Desa Pasir Ampo tahun  2019 - 2025

Jumlah pendaftar calon kepala Desa Pasir Ampo, Kecamatan Kresek 4 orang, ’Yang mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa,’’ ujar Ketua Panitia Pilkades Desa Pasr Ampo, Tatang Hidayat, Rabu (21/9/2019).

Walau masa pendaftaran bakal calon kepala desa pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 di Kabupaten Tangerang baru akan berakhir  tanggal 22 September 2019, tetapi diperkirakan tak akan muncul lagi Balon Kades yang lain, sedangkan untuk Jumlah pendaftar calon masing-masing Desa di Kecamatan Kresek bervariasi.

Adapun ke empat pendaftar itu, Suherman, Janta ( incumbent ), Sukandi dan Suardi. Dari 4 pendaftar, dua orang di antaranya telah lengkap persyaratannya. Sedangkan dua  lainnya belum lengkap berkasnya atau dalam proses perbaikan. ‘’Sesuai ketentuan, bakal calon kades diberi kesempatan melengkapi persyaratan administrasi hingga penutupan pendaftaran tanggal 22 September 2019 nanti ’’ kata Tatang Hidayat

Dia menduga minat besar pendaftar bakal calon kades di Desa Pasir Ampo  lantaran panitia memberlakukan aturan tegas antipolitik uang. Jika pelaku politik uang terbukti akan mendapat sanksi sesuai KUHP, sanksi pembatalan (diskualifikasi) sebagai calon kades dan dikenakan sanksi administratif. ‘’Tak hanya calon kades, warga atau pihak lain yang melakukan politik uang akan mendapatkan sanksi tegas,’’ tuturnya.

"Hari ini kami Panitia Pilkades Desa Pasir Ampo resmi menerima berkas Balon Kades atas na Suardi," ujarnya

Tatang Hidayat menjelaskan, nantinya sesuai aturan, bila bakal calon yang sudah memenuhi persyaratan lebih dari lima orang, panitia pilkades akan melakukan seleksi Tes tertulis dan pembobotan terhadap kriteria tertentu.

Menurutnya, Kriteria tertentu meliputi pengalaman berorganisasi di Desa, tingkat pendidikan dan usia. Calon ditetapkan dari bakal calon yang memenuhi syarat dan berdasarkan total nilai seleksi tertinggi urutan satu sampai dengan urutan lima.
"Soal tes dan uji kompetensi itu ranahnya Pemdes, Panitia tingkat Desa hanya bertugas menjaring dan menerima berkas Balon yang ingin mengikuti kontestasi Pilkades saja," ungkap Tatang Hidayat

Bahkan pihak DPMPD Kabupaten Tangerang telah menggandeng dan mempersiapkan pihak ketiga jika memang nantinya akan digelar seleksi bagi bakal calon kades,’’ tandasnya

Ditempat terpisah, Kepala Bidang Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemeritahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang, Mulyono mengemukakan, hingga Rabu (18/9/2019), pihaknya belum mendapatkan laporan resmi berapa jumlah pendaftar bakal calon kades di setiap desa. ‘’Kami masih menunggu laporan dari masing-masing Kecamatan,’’ ujarnya. Pilkades serentak 1 Desember 2019 di Kabupaten Tangerang akan digelar di 153 Desa di 28 Kecamatan.

> ari
Iklan Masyarakat

TerPopuler