Kuat Karena Bersatu, Salam Tiga JariBantenNet

Kuat Karena Bersatu, Salam Tiga Jari

20 Sep 2019, 9/20/2019

BantenNet.com, KABUPATEN TANGERANG-Ratusan warga Desa Tanah Merah, Kecamatan Sepatan  serbu kantor desa, Jumat 20 September 2019. Kedatangan warga  di kantor desa bukan untuk demo. Namun mengawal Kosasih (incumben) mantan kepala Desa Tanah Merah mendaftar sebagai bakal calon kepala desa.

Sekitar pukul 09.00 WIB berangkat dari kediaman Kosasih menuju ke sekretariat pilkades. Menggunakan sepeda motor dengan mengacungkan tiga jari. Hal tersebut dilakukan oleh warga karena pada pemilihan kepala desa (pilkades)  mendatang mereka mengharapkan Kosasih dapat terpilih kembali untuk yang ketiga kalinya  secara berturut-turut menjabat sebagai kepala desa.

Diketahui, Kosasih menjabat kepala desa periode pertama pada 2007-2013 dan periode kedua 2013-2019. Di pertengahan dua periode menjabat, lahir UU No 6 Tahun 2014  tentang Desa. Dalam UU tersebut terdapat penjelasan bahwa kepala desa bisa menjabat selama 18 tahun atau 3 kali periode secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut. Sedangkan pada UU No 32 Tahun 2004 sebelumnya, kepala desa hanya bisa memangku jabatan selama dua periode saja. Kesempatan ini Kosasih lakukan untuk mencalonkan kembali untuk yang ketiga kalinya. Karena ia berpegang pada UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Kosasih menyampaikan kepada para pendukung dan relawan, "Kita kuat karena bersatu, kita bersatu karena kita kuat. Salam tiga jari". Ia menjelaskan, mengenai makna dari salam tiga jari adalah perwujudan dari sila ketiga Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia. "Saya hanya minta do'a restu dan dukungan dari warga," ungkapnya.

> iwn
Iklan Masyarakat

TerPopuler