Panwas Mulai Mengawasi dan Menerima LaporanBantenNet

Panwas Mulai Mengawasi dan Menerima Laporan

24 Sep 2019, 9/24/2019

BantenNet.com, KABUPATEN TANGERANG - Dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi lokal di tingkat desa, Camat Teluknaga, Supriyadinata melantik dan mengambil sumpah panitia pengawas (panwas) di aula kantor camat, Selasa, 24 September 2019. Dengan dilantiknya panwas ini untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang digelar pada 1 Desember mendatang.

Supriyadinata mengatakan, setelah dilantik, panitia pengawas mulai kerja di lapangan. Tugas panitia pengawas diantaranya, mengawasi semua tahapan penyelenggaraan pilkades, maupun menerima laporan pelanggaran peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pilkades.

Supriyadinata mengatakan, setelah dilantik, panwas ini langsung mulai kerja di lapangan. Tugas panwas sendiri diantaranya mengawasi semua tahapan penyelenggaraan pilkades, maupun menerima laporan pelanggaran peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pilkades. Jika terdapat masalah sekecil apapun terkait pilkades, ia minta kepada panwas untuk tidak lepas dari koordinasi di antara petugas, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. "Apabila ditemukan ada permasalahan, bisa diselesaikan secara cepat," kata tegas Supriyadinata.

Ia menambahkan, kewajiban panwas sendiri adalah memperlakukan calon kepala desa secara adil dan setara. Menyelesaikan sengketa yang timbul dalam penyelenggaraan pilkades. Meneruskan temuan dan laporan yang tidak dapat diselesaikan kepada instansi yang berwenang. Juga melakukan pengawasan terhadap semua tahapan pilkades sampai selesai.

"Mulai saat ini juga, panwas bersama panitia pilkades, bersama-sama memberikan edukasi positif kepada masyarakat, tentunya yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkades serentak ini. Dengan harapan, bisa menciptakan pilkades yang damai, aman, lancar dan komdusif," pungkasnya.

> iwn
Iklan Masyarakat

TerPopuler