Sampai Pukul 00.00 WIB Terdapat 10 PendaftarBantenNet

Sampai Pukul 00.00 WIB Terdapat 10 Pendaftar

23 Sep 2019, 9/23/2019

BantenNet.com, KABUPATEN TANGERANG - Panitia pemilihan pilkades Desa Karang Anyar, Kecamatan Kemiri tutup pukul 00.00 WIB. Hingga pendaftaran ditutup terdapat 10 orang yang mendaftar sebagai bakal calon kepala desa. Jumlah pendaftar bakal calon kepala 10 warga yang mendaftar diantaranya, Marsidik, Abdul Kohar, Suhendri, Jaenudin, Yanto, Mad Yusuf, H Teddy Herdiana, Kazim Marzuki, Samadani dan Saefudin.

Kecamatan Kemiri khususnya Desa Karang Anyar terdapat 10 orang pendaftar dimungkinkan menjadi rekor terbanyak dibanding desa-desa lain di Kabupaten Tangerang. Masa pendaftaran bakal calon kepala desa serentak ini dibuka sejak 14 September dan berakhir pada Minggu, 22 September pukul 00.00 WIB. "Jika lewat tanggal itu panitia pilkades sudah tidak menerimanya, karena itu sudah sesuai dengan tahapan pilkades," jelas Penjabat Kepala Desa Karang Anyar, Hilman.

Menurut informasi yang diperoleh Hilman, panitia memberikan waktu selama tiga hari kepada para pendaftar untuk melengkapinya. Sesuai ketentuan, bakal calon kades diberi kesempatan itu untuk melengkapi persyaratannya dan baru disampaikan ke dinas.

Di tempat terpisah Camat Kemiri Yati Nurul Hayat mengatakan, minat besar pendaftar bakal calon kepala desa ini panitia memberlakukan aturan tegas antipolitik uang. Jika pelaku politik uang terbukti akan mendapat sanksi sesuai KUHP. Yakno sanksi pembatalan (diskualifikasi) sebagai bakal calon kepala desa. ‘’Tak hanya bakal calon kepala desa saja, warga atau pihak lain yang melakukan politik uang akan mendapatkan sanksi tegas,’’ tuturnya.

Ia menjelaskan, sesuai aturan, bila bakal calon kepala desa yang memenuhi persyaratan lebih dari lima orang, tim dari pihak independen akan melakukan seleksi tes tertulis dan pembobotan terhadap kriteria tertentu.

Kriteria tertentu meliputi pengalaman berorganisasi di desa, tingkat pendidikan dan usia. Calon ditetapkan dari bakal calon yang memenuhi syarat dan berdasarkan total nilai seleksi tertinggi. ‘’Pihak ketiga nanti akan melakukan seleksi bagi para bakal calon kepala desa," pungkas Yati.

> iwn
Iklan Masyarakat

TerPopuler