Biaya Pilkades Ditanggung PemerintahBantenNet

Biaya Pilkades Ditanggung Pemerintah

1 Okt 2019, 10/01/2019

BantenNet.com, KABUPATEN TANGERANG - Pemilihan kepala desa (pilkades) di Kabupaten Tangerang digelar serentak pada 1 Desember 2019 mendatang. Pemkab menyediakan dana pilkades mencapai Rp 5 miliar dari yang dibutuhkan Rp 22,5 miliar. Sedangkan anggaran untuk pelaksanaan pilkades berasal dari APBD 2019 dan sisanya dicairkan pada Anggaran Belanja Tahunan (ABT).

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, dan Pemerintahan Desa (DPM-PD) Kabupaten Tangerang Ahmad Hafid mengatakan, pilkades serentak dilakukan pada 153 desa. Terkait dalam hal ini, panitia pilkades di masing-masing desa telah melaksanakan beberapa tahapan yang sebelumnya sudah diatur. Sampai dengan melakukan verifikasi faktual di beberapa sekolah yang sesuai dengan ijasah yang digunakan para bakal calon kepala desa untuk melengkapi persyaratannya.

Selanjutnya, sesuai tahapan pilkades pada 4 Oktober mendatang panitia melakukan penetapan bakal calon yang memenuhi persyaratan administrasi. Setelah ditetapkan, lalu para bakal calon kepala desa tersebut diikutsertakan dalam test tulis kemampuan dasar. Ahmad Hafid mengatakan, dalam hal ini pelaksanaan kerja sama antara panitia pilkades dengan pihak independen. Sedangkan pelaksanaan test tertulis kemampuan dasar yang dilakukan oleh pihak independen ini digelar pada 8 Oktober mendatang.

Diketahui, pihak independen ini dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinagor, Sumedang, Jawa Barat. “Kami berharap, akademisi ini telah teruji dan menyeleksi. Dengan harapan, dapat melahirkan pemimpin yang berkualitas, sesuai kemampuan, dan tentunya sesuai dengan harapan,” katanya,

> iwn
Iklan Masyarakat

TerPopuler