Jaring Bakal Calon Kades BerkwalitasBantenNet

Jaring Bakal Calon Kades Berkwalitas

5 Okt 2019, 10/05/2019

BantenNet.com, KABUPATEN TANGERANG - Pada 4 Oktober 2019 kemarin panitia pemilihan kepala desa (pilkades) telah menetapkan ratusan bakal calon kepala desa dari 153 desa, Dengan ditetapkannya para bakal calon ini karena persyaratan yang dibutuhkan telah memenuhi syarat. Selanjutnya, sebelum ditetapkan sebagai calon kepala desa, akan diikutsertakan pada tahapan berikutnya,yakni test tertulis dan kemampuan dasar.

Tahapan ini sesuai jadwal yang telah ditentukan dilaksanakan pada 8 Oktober 2019 mendatang. Seleksi ini merupakan serangkaian tahapan pilkades, yang nantinya dapat menghasilkan bakal calon untuk ditetapkan sebagai calon kepala desa yang berkwalitas, Dengan jumlah minimal dua dan paling banyak maksimal lima calon di setiap desa.

Seleksi ini pun dilakukan secara transparan, karena pemerintah telah melakukan kerjasama dengan independen. Bakal calon kades yang mengikuti test tertulis dan kemampuan dasar nanti diberikan sejumlah soal untuk dikerjakan.Diketahui, tujuan dari test tulis tersebut adalah untuk mengetahui kompetensi dasar dan kemampuan pengetahuan tentang pemerintahan desa. Dengan materi wawancara meliputi visi misi bakal calon, apakah terkait dengan visi misi diwilayahnya masing-masing. “Pemkab memastikan pelaksanaan ujian berlangsung independent,” kata Agus, Ketua panitia pilkades Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan Timur.

Diakui Agus, seleksi tertulis ini adalah pilihan terakhir yang sebenarnya tidak diharapkan. Pasalnya, seleksi ini nantinya dapat menjatuhkan bakal calon kepala desa yang mungkin memiliki pendukung cukup banyak dan memiliki peluang lebih besar dari calon lainnya. Karena itu, ia harapkan semua bakal calon yang mengikuti seleksi nanti sudah menyiapkan diri dan legowo bila mana tidak dapat lolos untuk lanjut ke tahapan berikutnya.

> iwn
Iklan Masyarakat

TerPopuler