Kampung Budaya, sebagai Symbol Pembangunan Peradaban BaruBantenNet

Kampung Budaya, sebagai Symbol Pembangunan Peradaban Baru

21 Okt 2019, 10/21/2019


BantenNet.com, KOTA TANGERANG - Terbentuknya Kampung Budaya dilatarbelakangi oleh beberapa tokoh masyarakat yang tergerak untuk melestarikan budaya dan menata lingkungannya menjadi bersih, sehat, dan hijau. Kehadiran Kampung Budaya disambut antusias para warga saat peletakan batu pertamanya.

Kampung Budaya ini menjadi cikal bakal Kampung Tematik di RW 03 Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang. Demikian diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Turidi Susanto, saat menghadiri peletakan batu pertama Kampung Budaya di salah satu wilayah dapilnya, Minggu (20/10/2019).

“Alhamdulilah tadi kita sudah meletakan batu pertama pembangunan gapura Kampung Budaya yang diinisiasi oleh para tokoh masyarakat dan Budayawan Betawi di Poris Plawad,” kata Turidi usai kegiatan.

Politisi partai Gerindra ini melanjutkan bahwa, dalam menata lingkungan seyogyanya diawali dari yang paling bawah. Membentuk karakter dan kesadaran masyarakat merupakan salah satu faktor utama. Hal itu agar masyarakat mudah dan terbiasa untuk menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“Kampung ini akan ditata menjadi kampung berbudaya bersih dan sehat, dari segi penghijauan nantinya warga akan menanam pohon di setiap rumahnya yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar,” jelasnya.

“Nanti juga ada beladiri seni Siliwa yang khas dari Poris Plawad yang akan dikembangkan dan perlu dilestarikan,” imbuhnya.

Sementara Camat Cipondoh Kota Tangerang Rizal Ridholloh mengatakan, dengan lahirnya Kampung Budaya ini semoga dapat menjadi kampung tersebut lebih tertata dan tematik.

“Hari ini masyarakat RW 03 Kelurahan Poris Plawad melakukan peletakan batu pertama pembangunan gapura Kampung Budaya. Semoga dengan lahir kampung budaya akan menjadikan kampung lebih tertata dan tematik,” ujarnya.

Konsep awalnya, lanjut Rizal, mendorong kampung di RW 03 Kelurahan Poris Plawad menjadi kampung tematik. Ke depannya, kata Rizal, akan menjadi sebuah kampung yang mengembangkan dan memelihara budaya betawi serta budaya-budaya lainnya.

Diketahui, Kampung Budaya di RW 03 Kelurahan Poris Plawad ini merupakan hasil swadaya masyarakat yang diinisiasi oleh Ketua RW 03 Nurdin yang juga merupakan Budayawan Betawi di wilayah tersebut.

> ldn/rls
Iklan Masyarakat

TerPopuler