Tiga Kali Berturut-turut Menjabat Sebagai Kepala DesaBantenNet

Tiga Kali Berturut-turut Menjabat Sebagai Kepala Desa

9 Okt 2019, 10/09/2019

BantenNet.com, KABUPATEN TANGERANG-Suwandi, Kepala Desa Pasir Muncang, Kecamatan Jayanti sudah tiga periode menjabat sebagai kepala desa secara berturut-turut. Periode pertama menjabat, mulai 2003 sampai 2008, periode kedua 2008 sampai 2013. Selama kurang lebih satu tahun lamanya Desa Pasir Muncang terjadi kekosongan jabatan kepala desa definitif.

Pada periode pertama dan kedua pemerintah hanya menetapkan masa jabatan kepala desa hanya selama dua periode. Jabatan Suwandi yang kedua periode yang berakhir pada 2013. Selama terjadi kekosongan jabatan kepala desa definitif, pemerintah pusat menerbitkan UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa. Isi dalam salah satu pasal didalamnya terdapat penjelasan bahwa kepala desa dapat menjabat selama 18 tahun atau tiga periode secara berturut-turut atau tidak.

Dari dasar UU tersebut Suwandi memberanikan diri untuk kembali mengikuti pencalonan pada pemilihan kepala desa (pilkades) 2015. Ternyata keberuntungan masih memihak kepadanya, untuk memimpin kembali sebagai kepada desa yang ketiga kalinya. Karena dia juga masih mendapat kepercayaan dari warga untuk menjadi kepala desa.

Pantauan wartawan BantenNet.com, Suwandi merupakan kepala desa di Kabupaten Tangerang yang sudah menjabat selama tiga periode selama 18 tahun secara berturut-turut. Menurutnya, mungkin ada kepala desa yang juga sudah menjabat selama tiga periode, namun ia tidak mengetahui siapa dan kepala desa mana. "Kalau bisa dan boleh, akhir jabatan pada 2021 mendatang saya nyalon lagi," guraunya.

> iwn
Iklan Masyarakat

TerPopuler