591 Calon Kades Di Kabupaten Tangerang Deklarasi Damai

591 Calon Kades Di Kabupaten Tangerang Deklarasi Damai

Nov 11, 2019, November 11, 2019

BantenNet.comKABUPATEN TANGERANG - Sebanyak 591 Calon Kepala Desa (cakades) dari 153 Desa yang ada di Kabupaten Tangerang menggelar deklarasi damai.Tujuannya adalah mencegah terjadinya konflik di pilkades serentak, yang digelar pada 1 Desember nanti.

Kapolresta Tangerang AKBP.Ade ArySyam Indradi, mengatakan deklarasi damai ini menjadi salah satu upaya mencegah terjadinya konflik. Menurutnya, berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan Polresta Tangerang, ada sejumlah desa yang dinilai memiliki potensi terjadinya konflik sehingga harus mendapatkan perhatian khusus.

"Ada beberapa desa yang akan kita fokuskan untuk maksimalkan dan akan kita profiling kembali menjelang pelaksanaan pilkadesnya," kataAKBP.Ade Ary Indradi seusai deklarasi damai di Pendopo Gedung Serba Guna (GSG) Puspemkab Tigaraksa Tangerang (11/11/2019).

Dia mengatakan sejumlah desa itu tidak mutlak mendapat perhatian dan masih turun tergantung perkembangan yang terjadi di lapangan. "Sampai saat ini masih, tidak tertutup kemungkinan akan turun, karena upaya kita preventif untuk mencegah potensi-potensi konflik," ujarnya.

Selain mengajak Cakades melakukan deklarasi damai, jelas dia, pihaknya juga melakukan upaya lain menjaga pelaksanaan pilkades tetap kondusif

 "Ada beberapa indikator yang menjadi penilaian kita, yang kita anggap sebagai bentuk kerawanan yang harus kita cari solusinya, sehingga nanti pada saat pelaksanaan bisa mengurangi tensi," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Tangerang H.Akhmed Zaki Iskandar  menyayangkan sebagian Cakades yang tidak ikut serta dalam deklarasi damai ini. Zaki menyebut Cakades yang tidak mengikuti deklarasi damai berarti belum siap menang dan kalah.

"Dari keseluruhan 591 calon, tidak semuanya hadir, hampir setiap Kecamatan ada yang tidak hadir. Yang tidak hadir ini berarti belum siap menang. Justru yang hadir ini adalah ksatria, yang benar-benar memahami demokrasi," tambahnya.

Zaki berpesan kepada Cakades yang hadir agar bersaing secara sehat dan tetap menjaga keutuhan di kalangan masyarakat. "Saya melihat semangat untuk tetap kompak, guyub, rukun. Insyaallah nanti pelaksanaannya tetap aman dan sukses, jangan terpancing provokasi dan harus mengikuti aturan yang telah di tetapkan,"harapnya

"Harus mampu menjaga situasi kondusif, terutama pada saat kampanye sampai dengan pasca pencoblosan serta usai pencoblosan," tegas Zaki

Kemudian siapapun yang nantinya melanggar aturan hukum akan tetap di proses sesuai ketentuan yang berlaku. Kini saatnya para Calon Kades memberikan dan menunjukan program - program agar bisa dirasakan oleh masyarakat dan juga memberikan kesempatan masyarakat Desa untuk memilih dengan Demokratis," tegasnya mengakhiri


> ari

TerPopuler