Pastikan Kelancaran Jalur Penyebrangan, 5005 Lakukan Patroli Gabungan

Pastikan Kelancaran Jalur Penyebrangan, 5005 Lakukan Patroli Gabungan

Dec 26, 2019, December 26, 2019

BantenNet.com, BANYUWANGI - 5005 Ditpolair Korpolairud yang tergabung dalam unsur Operasi Lilin 2019 melaksanakan patroli gabungan di wilayah Perairan Selat Banyuwangi bersama unsur dari Komandan Lanal Banyuwangi, Kapolres Banyuwangi, Dandim Banyuwangi, Pelindo, ASDP, dan Basarnas. Patroli bersama gabungan dilakukan untuk memastikan kelancaran, ketertiban dan keamanan arus mudik dan liburan Natal khususnya dari dan menuju pulau Bali.

"Hari ini kita melaksanakan patroli gabungan beberapa unsur dan Satker, kita bersama - sama melakukan monitoring secara langsung situasi Perairan Selat Banyuwangi hingga Perairan Bali. Kita ketahui bahwa arus mudik dan balik serta liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru 2020) puncaknya terjadi hari ini," ujar AKP. Rusman, S.H., M.M. Komandan KP. Kutilang.pada kamis, (26 /12/ 2019)

Sebelum bertolak melaksanakan patroli secara bersama, seluruh unsur terlebih dahulu mematangkan rencana sekaligus melakukan pemantauan arus mudik di Pelabuhan penyeberangan Ketapang - Gilimanuk dan meninjau Posko PAM OPS LILIN 2019.

Sementara patroli bersama gabungan beberapa Satker dilaksanakan dengan melibatkan beberapa unsur kapal patroli antara lain KP. Kutilang - 5005 (Ditpolair Korpolairud), KRI. Tombak - 629 (Armatim), KAL. Tabuhan (Lanal Banyuwangi), Speed boat C3 (Satuan Polair Polres Banyuwangi) dan Sea Rider (Basarnas).

Kegiatan patroli bersama gabungan berlangsung selama hampir 6 jam dan diperoleh gambaran situasi perairan yang aman, tertib dan lancar selama puncak arus mudik dan liburan hari raya Natal dan jelang Tahun baru.

Di tempat terpisah, Dirpolair Korpolairud Brigjen Pol. Drs. Makhruzi Rahman, S.IK., M.H. mengatakan bahwa untuk mewujudkan ketertiban, kelancaran dan keamanan guna menciptakan rasa aman dan kenyamanan di berbagai aktifitas masyarakat khususnya Hari Raya Natal dan Tahun Baru itu tentu tidak bisa dilakukan oleh hanya satu institusi saja.

"Seluruh stake holder maritim yang ada harus bekerjasama menjalin sinergitas serta saling mendukung, dengan begitu kita semua tentu berharap apa yang menjadi visi dan misi dari masing - masing institusi itu dapat terwujud", jelasnya.

Lebih lanjut Brigjen Makhruzi mengatakan bahwa dalam rangka Operasi Lilin 2019, Ditpolair Korpolairud telah menerjunkan sebanyak 5 unit kapal patroli sebagai unsur Operasi yang ditempatkan di beberapa titik padat pelayaran kapal penumpang antara lain Perairan Lampung, Banten, DKI Jakarta, Semarang (Jateng) dan Perairan Jatim. Di samping itu, dalam rangka mengantisipasi dan penanggulangan gangguan Kamtibmas, Ditpolair Korpolairud juga telah menggelar 32 unit armada kapal patrolinya dan tersebar bertugas BKO di hampir seluruh Polda di Indonesia.

"Melakukan upaya - upaya preemtif, preventif dan represif guna mewujudkan pelayanan yang prima bagi masyarakat", tutup Brigjen Makhruzi.

Amankan Selat Bali Pada Perayaan Nataru 2020, Unsur Laut Gabungan Laksanakan Patroli Pengamanan (26/12) - Tidak hanya di jalur darat, Patroli keamanan Nataru 2020 juga dilakukan di jalur laut yakni di Selat Bali, unsur laut yang tergabung dalam Operasi Lilin 2019 itu terdiri dari KRI Tombak-629, KP Kutilang dan KAL Tabuan serta Sea Rider milik Basarnas.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi, Lantamal V, Koarmada II Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal, S.H., M.Tr.Hanla., M.M, menegaskan bahwa pelaksanaan patroli laut yang digelar di Selat Bali bersama unsur laut gabungan bertujuan mensinergikan segala potensi pengamanan yang ada guna memberi rasa aman, nyaman dan tentram bagi warga masyarakat Banyuwangi. "Lanal Banyuwangi selalu mendukung dalam rangka menjaga keamanan laut bersinergi dengan Polair Polresta Banyuwangi, Polda Jatim dan Basarnas serta intansi terkait dalam rangka mempertahankan situasi yang sudah kondusif di Banyuwangi". Ujar Danlanal Banyuwangi.

Patroli gabungan juga diikuti Kapolresta Banyuwangi AKBP Arman Asmara S, S.H., S.I.K., M.H, Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Inf Herawady Karnawan, Kepala Pelindo III Banyuwangi dan Kapossar Banyuwangi serta Bapak Taufik dari Dinkes Banyuwangi.

Dalam pernyataannya Kapolresta Banyuwangi mengatakan, bahwa Kepolisian sebagai petugas keamanan dan penegak hukum selalu mengantisipasi dan menanggulangi ancaman keamanan sejak dini bersama intansi terkait dan pemangku kepentingan dengan selalu berpatroli bersama untuk menciptakan Banyuwangi selalu kondusif.

Diawali acara coffee morning di KRI Tombak-629, pada kesempatan tersebut Komandan KRI Tombak-629 Letkol Laut (P) Adam Cahya juga mengatakan bahwa kehadiran KRI Tombak-629 itu atas permintaan Danlanal Banyuwangi untuk memperkuat pengamanan Nataru 2020 di Selat Bali disamping itu pula bersamaan dengan kegiatan Bekul (Bekal Ulang) di pelabuhan Tanjung Wangi

> ldn/ydi

TerPopuler