Polda Gorontalo Berpeluang Pindah Status Tipe B Ke Tipe A

Polda Gorontalo Berpeluang Pindah Status Tipe B Ke Tipe A

Jan 15, 2020, January 15, 2020

BantenNet.com, GORONTALO - Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo berpeluang mengalami peningkatan status dari tipe B menjadi tipe A. Saat ini Polda Gorontalo masuk dalam kajian kelayakan alih status oleh Mabes Polri.

Bahkan dalam waktu dekat, tim Mabes Polri akan datang untuk melakukan penilaian kelayakan Polda Gorontalo menjadi tipe A.

“Insya Allah malam nanti kita akan kedatangan Tim Srena Polri yang dipimpin oleh Karo Lemtala Brigjen Pol.Drs. Yasdan Rifai.,M.Hum. Kedatangan tim ini akan melakukan studi kelayakan peningkatan Tipologi Polda Gorontalo dari Tipe B ke Tipe A yang dilaksanakan mulai besuk,” kata Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono,S.I.K dalam keterangan tertulis kepada gopos.id, Rabu (15/1/2020).

Menurut Wahyu, ada 9 dimensi yang akan diuji kelayakannya oleh Tim Srena Porli. Meliputi Trigatra, Pancagatra serta kemampuan kesatuan.

Sebelumnya dalam rapat internal Polda Gorontalo, Kepala Biro Rena Kombes Pol. Budi Meidianto,S.I.K.,M.H menyampaikan 9 dimensi yang akan diuji kelayakannya seperti geografi; demografi; sumber daya alam; ideologi; politik ekonomi; sosial budaya; harkatibmas; kemampuan kesatuan. Di dalam aspek dimensi tersebut ada indikator-indikator yang dinilai seperti luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah kriminalitas, dan lain sebagainya.

“Kepada masyarakat di Propinsi Gorontalo, mohon doanya ya, semoga Polda Gorontalo layak untuk dinaikkan tipenya dari Tipe B menjadi Tipe A. Apabila tipe A maka Kapolda berpangkat bintang dua, dan semua PJU Polda akan berpangkat Komisaris Besar Polisi,” jelas Wahyu Tri Cahyono.

> ldn/gopos.id

TerPopuler