Desa Buniayu Segera Realisasikan Alokasi BLT - Desa Bagi Masyarakat Terdampak Covid -19

Desa Buniayu Segera Realisasikan Alokasi BLT - Desa Bagi Masyarakat Terdampak Covid -19

Sabtu, Mei 09, 2020, Mei 09, 2020
Desa Buniayu Segera Realisasikan Alokasi BLT - Desa Bagi Masyarakat Terdampak Covid -19
Photo ; Rapat penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa 


BantenNet.com , KABUPATEN TANGERANG - Kepala Desa Buniayu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang Hamdani S.M memimpin verifikasi penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Hal itu untuk memastikan bantuan tersebut tepat sasaran.

Kepala Desa Buniayu, Hamdani S.M mengatakan, verifikasi dilakukan langsung ke rumah warga miskin, bersama Gugus Tugas Covid-19, Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

"Sebenarnya hari ini kami turun untuk memverifikasi data yang dari pak RT, agar nantinya dirasakan manfaatnya oleh warga kami yang tidak mampu dan  terdampak pandemi ini," katanya, (09/05/2020).

Menurutnya, Alokasi Dana BLT ini disesuaikan dengan Dana Desa yang diterima masing-masing Desa, dan besarannya pun tidak sama.
"Jadi masyarakat Desa Buniayu diminta untuk tenang dan jangan panik, apalagi beranggapan bahwa itu bisa - bisanya Rt, Rw, dan Kepala Desa yang  memanipulasi data atau lantaran ada kedekatan dengan aparat Desa,"imbuhnya

Sebagai contoh Desa yang memperoleh DD Rp 800 Juta - Rp1,2 Miliar, maksimal alokasi untuk BLT sebesar 30 persen. Sedangkan untuk desa yang memperoleh Dana Desa di atas Rp 1,2 Miliar. Maksimal alokasi untuk BLT sebesar 35 persen.

"Acuan kami  tentang BLT dari Dana Desa ini yaitu  masyarakat yang terdampak Covid-19. Sasarannya yaitu warga miskin yang belum menerima  PKH dan belum menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)," papar Hamdani

Sementara itu salah satu warga kp.Gegunung calon penerima merasa berterima kasih kepada Kepala Desa Buniayu yang mau terjun langsung turut serta kekampung - kampung mendata warganya terlebih yang benar - benar membutuhkan

"Saya bersyukur bisa menerima Bantuan ini (BLT DD), terima kasih pemerintah baik dari pusat hingga desa, kami warga terdampak bisa merasakan bantuan ini," ucapnya dengan terharu.

Hamdani juga menambahkan kebijakan BLT Dana Desa memang sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Permendes PDTT). Serta adanya dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK).
Nominalnya yakni Rp 600 ribu, selama tiga bulan," pungkasnya

> ari

TerPopuler