Mantap...!!! Kades Turun Langsung Bagikan Dan Tempel Sticker Penerima BLT-Dana Desa

Mantap...!!! Kades Turun Langsung Bagikan Dan Tempel Sticker Penerima BLT-Dana Desa

Kamis, Mei 21, 2020, Mei 21, 2020
Mantap...!!! Kades Turun Langsung Bagikan Dan Tempel Sticker Penerima BLT-Dana Desa
Photo; Kades saat berikan bantuan Kepada Warga

BantenNet.com , KABUPATEN TANGERANG - Banyaknya Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bermasalah serta tidak tepat sasaran, akhirnya Pemerintah Desa Buniayu Kecamatan Sukamulya harus diumumkan dan turun langsung sendiri ke lapangan

Hal itu dilakukuan Hamdani S.M selaku Kepala Desa Buniayu Kecamatan Sukamulya, sebagai bentuk transparansi, nama -nama penerima BLT - Dana Desa ditempel di setiap dusun, Kejaroan, Rw dan Rt

Tampak ikut dalam acara pembagian BLT - DD yang langsung "Dor to Dor"ini, disaksikan pula oleh Bhabinkamtibmas Desa (Bripka.Endang.S) dan Babinsa (Serda.Sutarman) bersama BPD dan pendamping Desa Rahmatulloh serta staf jajaran pemerintah Desa (Rt, Rw, Jaro,)

BLT - Dana Desa sebesar Rp. 600.000 Ribu per Kepala Keluarga dan diterima oleh warganya yang tergolong kurang mampu dan layak akibat terdampak Covid-19.

Anggaran tersebut menggunakan Alokasi Dana Desa 2020 ini sebesar 35% dari Dana Desa

Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-DD) Buniayu Kecamatan Sukamulya telah mulai dibagikan sejak kamis (21/5/2020).

Saat ditemui BantenNet.com disela - sela pembagian BLT - DD ini, Kepala Desa Buniayu Hamdani S.M menjelaskan bahwa jajaran pemerintah desa sebelumnya telah berkoordinasi terlebih dahulu untuk memferivikasi data, mencocokan data sehingga dapat memberikan bantuan langsung untuk meringankan beban masyarakat akibat covid-19.

Kades Hamdani berharap bantuan yang diterima bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Kami atasnama Aparat Desa Buniayu telah berupaya sebaik-baiknya untuk menyeleksi warga dan apabila ada yang belum yang ter-cover dalam BLT ini, Insya Allah nanti Dinas Sosial juga sudah mempersiapkan dana lainnya, sehingga warga yang kurang mampu dapat menerima BLT," ujar Hamdani

Khususnya Desa Buniayu, seluruh bantuan baik yang reguler maupun yang bersumber dari Kemensos tercatat sudah 933 KK, sementara calon penerima BLT - DD dari hasil musdes ada 296 KK yang akan menerima bantuan

Sejak tanggal 13 Mei semua desa telah melakukan pendataan calon penerima BLT-DD, dengan melakukan Musdes khusus validasi, finalisasi, dan penetapan calon penerima BLT-DD," terangnya. 

"Musdes dilaksanakan untuk melakukan validasi, finalisasi, dan menetapkan calon penerima BLT-DD melalui musyawarah mufakat" jelas Hamdani

Ia juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan musdes sempat terkendala dengan kesimpangsiuran data penerima bantuan jaminan pengaman sosial (JPS) dari provinsi dan pusat, sehingga berakibat mundurnya jadwal musdes.

"Sedangkan soal data warga yang kemungkinan belum ter-cover di BLT - DD menjadi bagian dari sasaran bantuan yang akan dibiayai oleh APBD Kabupaten Tangerang," imbuhnya.

Dalam pelaksanaan pembagian BLT - DD melibatkan Bank BJB sebagai tempat rekening kas desa ditempatkan.

Teknis pembagian BLT-DD dilaksanakan memenuhi protokol pencegahan Covid-19 dengan tidak mengundang penerima secara bergiliran, tempat duduk antrian berjarak aman, menyediakan tempat cuci tangan/hand sanitizer, dan memakai masker.


> ari

TerPopuler